Sudah Berapa Banyak Resolusimu Berjalan?

by
April 1st, 2015 at 3:16 pm

CiriCara.com – “Cepat banget ya enggak terasa udah April aja”. Kalimat sejenis itu mungkin udah berkali-kali kamu dengar hari ini atau bahkan sejak hari-hari terakhir bulan Maret. Terasa bosan sih. Tapi ada benarnya juga. Waktu begitu cepat mengalir membuat kamu sadar akan target-target kehidupan yang belum kelar bahkan masih ada yang belum sama sekali terlaksana. Setiap akhir tahun lumrah jikalau kita mengharapkan sesuatu yang terbaik kelak muncul di tahun berikutnya. Lalu kita mengukir resolusi untuk menggapai harapan-harapan itu.

Resolusi

Resolusi – Ist

Mengucapkan perkataan memang lebih gampang daripada melakukan perbuatan, makanya sampai ada istilah “talk is a cheap”. Supaya resolusi kamu enggak sekedar omongan belaka, tambahin deh “jimat” berikut sebagai pelengkap niat untuk berubah. Sekaligus kamu bisa koreksi diri, sudah berapa banyak resolusi yang tercapai dan kalau ada yang belum tercapai kamu pun bisa menemukan musababnya.

Kesabaran

Perubahan besar enggak terjadi dalam semalam dan kadang butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan. Kesabaran bisa jadi modal penting untuk melewati tahap-tahap perubahan itu. Supaya kesabaranmu enggak cepat menguap, coba ukur kemampuan diri sendiri sebelum membuat resolusi. Tetapkan tujuan yang masuk akal, mulai dari yang termudah sampai tersulit. Dengan begitu, kamu enggak lelah mengejar target yang terlampau jauh dan putus asa di tengah jalan. Target-target kecil yang mudah dicapai bisa menambah rasa percaya diriu untuk meraih target yang lebih besar.

Catatan

Ada pepatah yang bilang “goals that are not written down are just wishes”. Dengan mencatat semua gol-mu selama tahun ini, kamu selalu punya sontekan yang bisa diintip kala mulai down. Sebaiknya, tempelkan sontekan tadi di tempat-tempat yang sering kamu lihat seperti cermin, lemari pakaian, atau cover agenda. Catat juga semua cara-cara yang kamu lakukan untuk mencapai gol tersebut.

Self tolerance

Toleransi terhadap diri sendiri enggak sama maknanya dengan kompromi. Self tolerance berarti kamu mampu mengukur kemampuan kamu sendiri dan tetap menghargai diri sendiri ketika keinginanmu enggak terwujud. Sedikit toleransi sama diri sendiri masih sah-sah aja. Akan tetapi jangan terlalu banyak kompromi atau kerap kali mencari alasan pembenaran. Itu akhrinya hanya akan membuat kamu semakin jauh dari tujuanmu. Impian yang belum tercapai bukan berarti impossible, yang penting kamu terus berusaha.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini