10 Macam Bunga dan Maknanya

by
April 2nd, 2015 at 3:53 pm

CiriCara.com – Kamu ingin memberikan kejutan manis untuk pasangan melalui sekuntum bunga? Eits, jangan terburu-buru membeli hanya karena bunga itu terlihat anggun nan cantik. Memang sih memberikan bunga ke pasangan bisa jadi sesuatu yang terlihat romantis. Selain dipandang, bunga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan. Makanya, sampai ada istilah “say it with flowers!”

bunga

Memberikan bunga – Ist

Tapi kamu tahu enggak kalau setiap bunga nyatanya punya makna masing-masing. Jadi, pelajari dulu maknanya terus kamu inget-inget deh saat membeli bunga nanti.

1. Bunga Aster

Konon katanya, memberikan bunga aster kepada seseorang bisa mewakili pesan, “aku enggak yakin apakah selama ini kamu jujur atau tidak.”

2. Bunga Anyelir atau Carnation

Kalau kamu memberikan bunga anyelir merah, itu berarti kamu ingin menyampaikan pesan, “kamu membuatku sakit hati.” Sedangkan jikalau kamu menerima anyelir putih, itu artinya si pengirim ingin mengungkapkan, “I am still available.”

3. Bunga Krisan atau Chrysanthemum

Bunga ini berasal dari China usianya diperkirakan hampir 3.000 tahun, lho. Warna-warnanya yang indah dan cerah sering digunakan untuk melambangkan keceriaan.

4. Bunga Dahlia

Bunga nasional dari negara Mexico ini melambangkan kemuliaan dan terlihat elegan. Apabila ada yang memberikan kamu bunga ini, berarti ia menyanjungmu teramat sangat.

5. Bunga Iris

Bunga yang didominasi oleh warna biru ini melambangkan kebijaksanaan, kepercayaan, dan harapan.

6. Bunga Lili

Bentuknya yang menyerupai bintang dan aromanya yang wangi melambangkan kemurnian dan kesucian. Bunga ini sering digunakan dalam buket pernikahan.

7. Bunga Anggrek

Bunga anggrek memberikan kesan yang unik dan memorable. Seakan ingin memberitahukan kalau mereka adalah orang yang sangat berharga.

8. Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan bunga paling tua ke-dua di dunia, usianya diperkirakan sudah 200 juta tahun. Pada umumnya, mawar melambangkan cinta yang abadi, tapi warna yang berbeda punya arti yang beda pula. Mawar merah artinya “Aku cinta padamu, cantik.” Mawar Putih berarti kesucian. Mawar kuning melambangkan kegembiraan. Mawar oranye simbol dari antusiasme dan pesona mendalam. Sedangkan mawar pink bermakna keanggunan dan kesopanan.

9. Bunga Tulip

Bunga yang melambangkan cinta sejati ini berasal dari Persia namun mulai dibawa ke Eropa, khususnya Belanda pada abad ke-17. Bahkan pada musim tertentu di Belanda setiap tahunnya diadakan festival bunga tulip, yakni Keukenhof yang manampilkan beragam jenis warna bunga tulip.

10. Bunga Matahari

Bunga ini dinamakan bunga matahari karena kelopak bunganya yang selalu menghadap ke arah matahari. Bunga ini berasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan. Bunga matahari sering dijadikan simbol umur panjang, kehangatan, dan kekaguman.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini