10 Peristiwa Bertepatan 1 April Mop

by
April 2nd, 2015 at 8:36 am

CiriCara.com – April Fools’ Day  atau April Mop diperingati setiap tanggal 1 April tiap tahun. Pada hari itu orang boleh berbohong atau memberi lelucon (yang tidak lucu) kepada orang lain tanpa dianggap salah (aneh kan, seperti di orang korupsi tapi tidak mau disebut dengan koruptor).

April Mop

April Mop – Ist

Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya, bisa terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan membuat malu orang-orang yang mudah ditipu (malu-maluin yah). Di beberapa negara seperti Australia, Inggris serta Afrika Selatan, lelucon tersebut hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang.

Dan seseorang yang memainkan trik tersebut setelah tengah hari dinamakan “April Mop”, namun di negara lain seperti Perancis, Kanada, Italia, Irlandia, Rusia, Belanda dan Amerika Serikat lelucon ini bebas dimainkan sepanjang hari. Ada peristiwa-peristiwa yang bertepatan dengan 1 April dibeberapa negara,  seperti:

  1. Pada 1 April 1946 di Hawaii dan Alaska terjadi gempa bumi disertai tsunami dan membunuh 165 orang, dengan kejadian tersebut dibuatkannya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii sendiri dikenal dengan “Hari Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya akan berita datangnya tsunami tersebut.
  2. Tanggal 1 April 1947 kematian Raja George II dari Yunani.
  3. Tanggal 1 April 1970 AMC pertama kali diperkenalkan.
  4. Tanggal 1 April 1979 Iran menyatakan Hari Republik, dan kabar ini dianggap lelucon hingga 30 tahun kemudian.
  5. Tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Hal tersebut dianggap lelucon, karena sang ayah ternyata seorang pembunuh
  6. Tanggal 1 April 1993, Alan Kulwicki juara NASCAR seri piala Winston tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville Tennessee dekat bandara Tri-Cities.
  7. Tanggal 1 April 1998 Deathrock legenda Rozz Williams tewas karena bunuh diri.
  8. Tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah dan sebagian wilayah tersebut menjadi Nunavut.
  9. Tanggal 1 April 2003, persaingan antara Merger Square dan perusahaan Enix, dan pada awalnya dianggap lelucon.
  10. Bulan April 2004 peluncuran Gmail oleh Google, juga dianggap lelucon, karena Google sering menampilkan lelucon di April Mop.

*dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

Comment di sini