7 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

by
April 2nd, 2015 at 1:46 pm

CiriCara.com – Di Kota Tegal akhir-akhir ini sedang musim buah, ada buah rambutan, durian, buah salak juga buah duku. Semuanya buah-buah tersebut laku di pasaran terutama di kota Tegal dan sekitarnya. Semuanya menjadi favorit masyarakat Tegal. Sekilas buah-buah tersebut hanya sekedar dimakan begitu saja. Akan tetapi ada buah yang dapat menjaga kesehatan kita loh, ingin tahu?

Buah Duku

Buah Duku – Ist/blog.ub.ac.id

Buah tersebut adalah buah duku, buah duku mirip dengan buah langsat tetapi jika kita mencobanya maka akan terasa perbedaanya yaitu rasa manis yang banget. Buah duku pada musim-musim tertentu akan berbuah, nah penulis akan mengupas tentang manfaat buah duku bagi kesehatan, seperti:

  1. Sangat bagus untuk gusi. Buah ini memiliki banyak vitamin D, yang sangat bagus bagi kesehatan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi, gusi terletak dibagian dalam mulut dan rawan terkena berbagai masalah seperti gusi berdarah, iritasi dan sariawan sehingga mungkin kita malas makan kalau keadaannya demikian, oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumi buah duku ini.
  2. Lancarkan pencernaan. Serat atau fiber dalam buah duku ini efektif untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh, dengan lancarnya sistem pencernaan maka akan mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, kanker kolon dikarenakan adanya kotoran yang menumpuk dan tidak bisa dikeluarkan.
  3. Gigi menjadi kuat.  Kandungan fosfor pada buah duku dapat menguatkan tulang dan gigi, sehingga terhindari dari keroposan tulang pada usia tua.
  4. Menjaga kolesterol. Karena mengandung vitamin C, dengan buah duku ini dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.
  5. Pencegahan anemia. Adanya kadar zat besi pada buah duku sangat efektif meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh dan dapat memperlancar suplay darah, selain itu dapat mengikat oksigen dengan mudahnya. Sehingga terhindar dari gejala anemia seperti lemas, letih dan lesu.
  6. Pencegahan terhadap malaria. Selain manfaat buahnya, biji duku juga dapat bermanfaat untuk mengobati/mengatasi penyakit malaria. Kulitnya juga bisa dijadikan sebagai obat nyamuk yang cukup efektif dengan cara membakarnya, sehingga asap yang keluar dari kulit tersebut dapat membunuh nyamuk.
  7. Menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada buah duku, dapat dijadikan elastisitas kulit juga melindungi dari pengaruh buruk sinar ultraviolet, kelembaban sehingga kulitnya akan terasa sehat dan cerah.

Demikian tentang 7 manfaat buah duku untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini