Apa itu Suku Dampeles ?

by
April 2nd, 2015 at 11:08 am

CiriCara.com – Di Kecamatan Dampal Utara terdapat suku Dampeles atau Suku Dampal, suku ini telah turun temurun mendiami di Kabupaten Tolitoli provinsi Sulawesi Tengah. Istilah Dampal merupakan sebutan yang ditujukan kepada suatu suku yang berbahasa Dampal, dimana menjadi identitas nama Kecamatan Dampal Selatan dan Dampal Utara.

dampelas

Tradisi di Tanah Dampeles – Ist

Uniknya bahasa Dampal menjadi salah satu dari tiga bahasa yang terdapat di Kabupaten Tolitoli, tetapi sayang bahwa bahasa Dampal sendiri sudah mulai tergesar dan didominasi oleh bahasa-bahasa dari luar pulau tersebut, seperti bahasa Bugis ataupun bahasa Melayu Sulawesi dan juga Bahasa Indonesia yang dipengaruhi oleh siaran dari televisi.

Adapun masyarakat suku Dampal sendiri cenderung masih menggunakan bahasa-bahasa Melayu Sulawesi daripada bahasa Dampal sendiri. Sehingga bahasa Dampal dikhawatirkan lambat laun akan terancam punah. Sehingga menurut penelitian bahwa hanya sekitar 90-an orang yang masih fasih menggunakan bahasa Dampal. Kekerabatan bahasa Dampal sangat erat dengan bahasa Dampeles di kecamatan Sojol dan kecamatan Dampeles di kabupaten Donggala. Secara kultural bahwa etnis suku Dampal dan suku Dampeles memiliki kekerabatan yang sangat erat.

Pada masa dahulu orang Dampal banyak bermukim di daerah Bangkir, desa Soni dan desa Dondo yang masih berada di wilayah Kabupaten Tolitoli bagian selatan. Dalam perkembangannya suku Dampal banyak sangat akrab dan berbaur dengan etnis-etnis pendatang, sehingga terjadi pencapuran etnis, bahasa dan budaya.

Sebenarnya suku Dampal mempunyai tatantan adat tersendiri, akan tetapi segala bentuk adat-istiadat dan kebudayaan sangat jarang dijalankan. Pergeseran kebudayaan tersebut diakibatkan karena banyaknya pendatang yang menghuni di wilayah tersebut, sehingga secara perlahan budaya mereka terkikis oleh budaya para pendatang dari Bugis dan lain-lain. Hal tersebut sepertinya harus mendapat perhatian tersendiri dari masyarakat suku Dampal agar kebudayaan serta tradisi, bahasa tidak hilang begitu saja.

Hingga saat ini suku Dampal mempunyai mata pencaharian turun-temurun sebagai petani, para petani kebanyakan menanam jagung, ubi kayu dan ubi jalar, ada sebagian dari mereka yang hidup sebagai petambak ikan disamping profesi lain sebagai pedagang yang menjual hasil dari pertanian.

Penulis: MasArif

Comment di sini