Apa itu Suku Dani?

by
April 2nd, 2015 at 2:14 pm

CiriCara.com – Suku Dani merupakan salah satu suku yang mendiami di Lembah Baliem yang dikenal sejak ratusan tahun silam. Suku tersebut terampil dalam bidang pertanian karena sudah menggunakan alat atau perkakas yaitu kapak batu, atau pisau yang terbuat dari tulang binatang, bambu juga tombak yang terbuat dari kayu galian sehingga sangat kuat dan berat. Sebagian masyarakat Dani masih menggunakan ‘koteka’ (penutup kemaluan pria) yang terbuat dari kunden/labu kuning.

Suku Dani

Panglima perang suku Dani – Ist/Detik Travel

Sedangkan para wanitanya menggunakan pakaian ‘wah’ yang terbuat dari rumput/serat. Mereka hanya tinggal di gubuk  beratapan ilalang atau jerami. Suku Dani berada dan bermukim di wilayah Pegunungan Tengah, Papua Indonesia dan semuanya masih termasuk wilayah Jayawijaya serta sebagian lagi di Kabupaten Puncak Jaya.

Suku Dani pertama kali ditemukan oleh Ekspedisi Lorentz tahun 1909-1910 oleh orang Belanda, kemudian Richard Arachold bangsa Amerika Serikat yang pertama kali kontak dengan penduduk asli tersebut. Dalam bahasa yang digunakan oleh suku Dani, yang terdiri dari 3 sub keluarga bahasa yaitu:

  • Sub keluarga Dani Pusat yang terdiri dari logata Dani Barat dan logata lembah Besar Dugawa.
  • Sub keluarga Wano di Bokondini
  • Sub keluarga Nggalik dan ndash

Adapun bahasa suku Dani termasuk keluarga bahasa Melansia dan bahasa Papua tengah.Tradisi dan kesenian Suku Dani banyak ragamnya dan dapat dilihat dari cara membangun tempat tinggalnya, misalnya satu silimo atau bangunan dibedakan menjadi Honai, Ebeai dan Wamai. Selain tradisi membangun rumah, suku tersebut juga mempunyai kesenian berupa kerajinan berupa anyaman kantong jaring penutup kepala dan pengikat kapak. Juga peralatan atau perkakas yang terbuat dari bata seperti: Moliage, Valuk, Wim, Sege, Kurok dan Panah Sege.

Kepercayaan Suku Dani masih menghormati roh nenek moyang dan sering menyelenggarakan upacara-upacara yang bersifat tradisi dengan melakukan pesta babi. Konsep kepercayaan yang dianut adalah Atou yaitu kekuatan sakti dari para nenek moyang yang diturunkan secara patrilineal yaitu kekuatan yang hanya diturunkan kepada anak laki-laki, kesaktian ini antara lain:

  • Kekuatan untuk menjaga kebun
  • Kekuatan untuk menyembuhkan penyakit dan tolak bala
  • Kekuatan untuk menyuburkan tanah.

Demikian tentang Suku Dani dan tradisi serta keseniannya. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Apa itu Suku Bima?

Comment di sini