Apa yang Dimaksud dengan Plant Assets?

by
April 2nd, 2015 at 3:06 pm

CiriCara.com – Pernah dengar istilah plant assets? Ya, memang istilah ini tidak terlalu lumrah didengar oleh orang awam. Kenapa? Karena istilah ini biasanya terdapat pada ilmu akuntasi atau ilmu ekonomi. Jadi, bagi kalian yang kuliah di bagian ekonomi, pasti sudah sering banget dong dengar kata plant asset. Lalu bagi kalian yang belum pernah dengar, pasti bingung ya. Apa sih itu plan asset? Berikut akan saya jelaskan sekilas mengenai apa yang dimaksud dengan plan asset dalam ilmu ekonomi.

kerja yang bagus

Plant Assets – Ist

Dalam ilmu ekonomi, kita kenal yang namanya Harta sama juga dengan Ekuitas dan Kewajiban. Dalam hal ini, harta dibagi menjadi dua yaitu harta lancar dan harta tidak lancar. Plant asset sendiri masuk ke dalam bagian harta tidak lancar, atau disebut dengan aset tetap. Nah, sekarang, apa sih plan asset itu? Bagaimana sih karakteristiknya?

Plant asset adalah sumber daya atau asset yang merupakan kepemilikan perusahaan namun dapat digunakan secara berkali-kali dan juga tidak mudah habis nilainya, namun tetap mengalami yang namanya penyusutan. Secara umum, plant asset terdiri dari tiga karakteristik yaitu mempunyai bentuk fisik atau dapat diraba dan dirasakan, yang kedua biasanya digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan dan karateristik yang ketiga adalah plant asset biasanya tidak untuk dijual kepada konsumen, dengan kata lain plant asset bukan merupakan asset yang digunakan untuk kegiatan jual beli demi keuntungan perusahaan.

Plant asset juga memiliki nama lain tergantung dari buku yang membahasnya. Ada yang menyebut plan asset dengan sebutan property, plant and equipment. Lalu ada juga buku yang menyebutkan plant asset dengan sebutan fixed asset atau asset tetap. Apapun sebutannya, plant asset mempunyai arti dan jenis barang yang sama.

Apa aja sih contoh dari plant asset? Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, plan asset adalaha sset tetap yang tidak untuk dijual ke konsumen namun digunakan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan. Misalnya saja contoh plant asset adalah peralatan (equipment), mesin (machine), kendaraan (vehicle), gedung (building) dan tanah. Semua asset tetap mengalami penyusutan kecuali tanah, karena harga tanah tidak mungkin turun, melainkan selalu naik.

Sekian penjelasan mengenai plant asset. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini