Makna Hari Jumat Agung

by
April 2nd, 2015 at 9:34 am

CiriCara.com – Sebentar lagi, hari Jum’at Agung akan tiba. Di hari itulah umat Kristiani dan Katolik di seluruh belahan dunia beribadah. Hari Jum’at Agung menjadi salah satu hari raya umat Kristiani dan Katolik. Apa sih sebenarnya makna dari hari Jum’at Agung bagi umat Kristiani dan Katolik sehingga hari Jum’at Agung dijadikan sebagai hari yang besar?

jumat agung

Jumat Agung – Ist

Berikut beberapa ulasannya.

1. Hari Kematian Tuhan Yesus

Inilah peristiwa yang terjadi beberapa ribu tahun silam sehingga sekarang adanya yang dinamakan hari Jumat Agung. Dalam hal ini Yesus Kristus, Anak Tunggal Allah Bapa harus mati dengan cara disalibkan. Dimana ia disalibkan di antara orang berdosa, padahal diri-Nya tidak berdosa. Hal ini, sesuai dengan nubuat yang disampaikan oleh nabi Yesaya dalam kitab perjanjian lama. Peristiwa mengenai Kematian Tuhan Yesus juga sudah tertulis di kitab perjanjian baru terutama di bagian kitab injil (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes).

2. Penebusan Umat Manusia

Apa yang mengharuskan Tuhan Yesus mati? Kenapa Allah Bapa menyerahkan anak-Nya yang Tunggal untuk mati di atas kayu salib? Pada dasarnya setiap umat manusia sudah jatuh ke dalam dosa. Dimana seperti tertulis dalam Alkitab, upah dosa ialah maut. Tuhan sangat menyayangi umat-Nya, karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia rela mengorbankan anak-Nya yang tunggal untuk menggantikan posisi kita yang seharusnya menanggung penderitaan. Tujuannya, agar dosa setiap manusia dihapuskan melalui darah suci Yesus Kristus yang tercurah dan setiap manusia kembali lahir baru dan dapat bertobat mendekat kepada Tuhan.

3. Pengorbanan dari Sang Raja dan Sang Juru Selamat

Sebagai seorang raja pada masa kini, tentunya harus dilindungi. Adakan raja yang hingga rela mati di atas kayu salib demi rakyatnya? Dimana penyaliban adalah hukuman yang paling menakutkan saat itu. Hanya Yesus Kristus satu-satunya Raja yang mau mati dan menderita di atas kayu salib untuk menyelamatkan setiap umat yang percaya kepada-Nya agar dapat hidup masuk ke dalam Kerajaan Surga yang Kekal bersama-Nya.

Demikianlah makna hari Jum’at Agung. Apa makna hari Jum’at Agung bagi kalian pribadi?

Penulis: -Seceret OL-

Artikel terkait: Jadwal Misa Pekan Suci Paskah 2015 di Jakarta

Comment di sini