Survei: Ranjang Tidur Jadi Tempat Favorit untuk Facebook-an

by
April 2nd, 2015 at 2:48 pm

CiriCara.comSmartphone, kini sudah jadi benda yang tak bisa lepas dari keseharian manusia. Bahkan, nyaris dalam semua aktivitas handphone atau smartphone tak bisa lepas dari tangan. Dari mulai bangun tidur, hingga jelang tidur lagi, handphone seperti tak lepas dari genggaman. Bahkan kata kawan saya, buang air pun, handphone selalu tak lupa untuk dibawa.

facebook

Facebook – Ist

Lihat saja di jalanan. Di halte, orang-orang yang sedang menunggu bis atau angkot, semua sibuk dengan handphone di tangan. Pun kala jalan di trotoar, banyak yang asyik berhandphone ria, entah menelpon, ketik pesan atau update status di jejaring sosial. Mereka seperti tak peduli sekitar. Tak heran, bila sering terjadi insiden, orang bertabrakan karena sibuk bermain dengan ‘gadget-nya’ atau harian Kompas menyebutnya dengan gawai.

Terlebih lagi, setelah hadirnya jejaring sosial macam Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya. Maka, dunia nyata pun seperti beralih ke ‘lapak maya’. Semua sibuk, ngetweet, atau update status. Ditambah lagi, beragam aplikasi messenger ikut menyemarakan dunia gadget, mulai dari WhatsApp, Line, We Chat dan lainnya. Makin sempurna pula kesibukan bergadget ria.

Namun yang menyebalkan adalah, gaya pakai gadget yang tak kenal situasi. Misalnya, jalan di trotoar, masih sibuk mengupate status di Facebook. Atau yang bikin dongkol dan marah, adalah mereka yang sibuk main handphone sembari menyetir motor atau mobil. Gaya seperti itu, tak layak ditiru, karena membahayakan nyawa dia sendiri maupun keselamatan orang lain. Orang-orang seperti itu, mungkin mengira nyawa itu ada onderdilnya, sehingga asyik saja bermain handphone saat berkendaraan. Saya harap, ada sanksi tegas dari kepolisian bagi pengendara yang asyik masyuk bermain handphone saat menyetir kendaraan, entah itu mobil atau motor. Bila tak ditindak, tak ada efek jera bagi mereka.

Lalu di mana tempat favorit para netizen dalam mengakses medsos, khususnya Facebook? Tentang ini, saya pernah membaca sebuah ulasan berdasarkan hasil survei yang dilakukan TNS Insight Report. Survei yang dilakukan TNS Insight Report ini, melibatkan 1.002 orang responden yang tersebar di empat kota besar di Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Survei dilakukan dari bulan Juli sampai dengan Agustus 2013.

Hasilnya, 65 persen responden menyatakan sering mengakses medsos terutama Facebook di tempat tidur. Sisanya buka Facebook sambil nonton layar kaca atau televisi. Kemudian 28 persen, mengakses Facebook kala berlibur. Hasil survei lainnya, 26 persen berfacebook ria sembari kongkow atau nongkrong sama teman-temannya. Sebanyak 20 persen buka Facebook di kantor. Dan 19 persen mengakses Facebook di jalan.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini