Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Liburan

by
April 2nd, 2015 at 11:28 am

CiriCara.com – Rencana perjalanan semasa liburan seringkali mengharuskan kamu berada di luar ruang. Sehingga kulit kamu akrab dicumbu matahari, debu, dan polusi. Supaya kulit kamu tetap sehat saat berenang bebas di pantai, naik turun gunung, berkelana di hutan, atau menelusuri kota, ingat tips berikut selama kamu berlibur.

persiapan liburan

Pergi liburan – Ist

Pelembab

Body butter, body lotion, baby oil, atau minyak aitun bisa jadi pilihan yang pas untuk melembapkan kulit. Pelembap jenis ini perlu digunakan selama kamu dalam perjalanan. Soalnya, udara kering yang dikeluarkan oleh AC dalam pesawat, kereta api atau pun mobil pribadi bisa mengurangi kelembapan alami kulit. Selain itu, pelembap juga perlu kamu gunakan setelah mandi.

Tabir surya

Penyebab utama keriput dan penuaan dini adalah sinar ultra violet dari matahari. Sinar UV mengurai kolagen yang menentukan elastisitas kulit sehingga semakin sering kamu terpapar sinar matahari, semakin tinggi kemungkinan keriput muncul sejak dini. Sinar UV juga meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk meminimalkan efek negatif sinar matahari selama berlibur, olehkan tabir surya yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) minimal 15 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruang.

Air mineral

Jangan sampai kamu tiba-tiba pingsan saat lagi asyik-asyiknya menjelajah pantai atau berburu barang unik di pusat oleh-oleh. Bawa stok air mineral secukupnya. Karena duet hydrogen-oksigen ini sangat berguna untuk menjaga stamina sekaligus melancarkan proses pencernaan dan penyerapan gizi. Jadi, kamu bisa lebih leluasa sepanjang perjalanan wisata.

Cuci muka

Produk pembersih wajah yang dianjurkan adalah produk yang tidak mengandung alkohol. Pasalnya, alkohol adalah penyebab kulit menjadi kering. Lagipula, jika kulitmu tidak sensitif dan jarang tersentuh make up berlebih, sabun pembersih wajah sudah cukup untuk keperluan sehari-hari. Tapi, ada juga jenis alkohol yang aman untuk kulit, yaitu cetyl alcohol atau cetearyl alcohol.

Kedua jenis alkohol ini tidak membuat kulit kering dan umum digunakan dalam produk pembersih wajah. Hindari produk yang mengandung ethyl alcohol, ethanol alcohol, dan isorpropyl alcohol karena ketiganya sering digunakan untuk membersihkan lukan dan membuatnya cepat kering. Kebayang dong dampaknya kalau kamu aplikasikan ke wajah?

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini