Waspadai! Daging Ayam yang Disuntik Hormon

by
April 2nd, 2015 at 3:23 pm

CiriCara.com – Jika kamu sering ke pasar atau di tempat lain untuk membeli daging ayam, maka berhati-hatilah pada saat kamu hendak ingin membeli ayam potong di pasar atau pun di tempat lain. Mengapa kamu harus berhati-hati dalam membeli daging ayam tersebut? Sebab banyak sekali peternak ataupun pedagang yang menyuntik ayam tersebut memakai hormon esterogen. Tujuan peternak ataupun pedagang yang ingin menyuntikkan hormone ke daging tersebut adalah agar hewan dapat cepat tumbuh.

Menurut Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Agustin Kusumayati, konsumsi ayam yang disuntik hormon dapat memengaruhi hormon anak laki-laki yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menurut pakar kesehatan yang bernama Agustin Kusumawati yang juga merupakan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan bahwa hormon yang disuntik ke daging ayam dapat memperngaruhi hormon khususnya pada anak laki-laki apalagi anak laki-laki tersebut masih dalam tahap usia pertumbuhan.

Bukan hanya itu saja ternyata, jika anak laki-laki sudah sering mengonsumsi daging ayam yang disuntik hormon akan menyebabkan perilaku pada anak laki-laki menjadi seperti perilaku perempuan. Sedangkan bagi anak perempuan yang doyan makan daging ayam yang sudah disuntik hormonnya makan anak perempuan tersebut maka dampaknya akan cepat sekali untuk mengalami haid.Agustin juga menuturkan bahwa anak laki-laki yang terbiasa mengonsumsi daging ayam apalagi ayam tersebut disuntik dengan memakai hormon perempuan atau istilahnya estrogen maka jangan heran bila anak laki-laki kita akan mempunyai penis yang kecil. Ungkap pernyataan ini seperti yang dilansir dari situs kompas.com.

Walaupun begitu, tetap saja masih ada peternak ataupun pedagang yang bandel dan masih menyuntikkan hormone tersebut ke daging ayam. Sayangnya, kita sebagai masyarakat susah sekali untuk membedakan mana ayam yang tidak disuntik hormon ataupun ayam yang sudah disuntik hormon.

Biasanya untuk ayam yang telah disuntik hormon oleh peternak ataupun pedagang adalah ayam negeri lalu pempilan fisik ayam negeri pun terlihat padat dan gemuk sekali. Meskipun begitu, jangan salah kira bahwa tak hanya ayam saja yang disuntik hormon melainkan hewan ternak lain juga seperti sapi.

Sapi pun kini juga banyak sekali yang disuntik hormon untuk mempercepat pertumbuhannya. Namun, Agustin menambahkan untuk kasus penyuntikkan hormon ke daging sapi masih sedikit ketimbang daging ayam yang sudah sering sekali terjadi.

Banyak sekali daging ayam yang telah disuntik hormon oleh para peternak maka dari itu tak jarang banyak ditemukan daging tersebut ditemui di pasar swalayan ataupun pasar tradisional. Untuk itu bagi masyarakat berhati-hatilah dalam memilih daging ayam supaya kesehatan dalam tubuh kita tetap terjaga dengan baik.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel lainnya: Waspada Daging Tikus di Mie Ayam

Comment di sini