3 Berita Lelucon Legendaris Paling Menggelitik

by
April 6th, 2015 at 11:27 am

CiriCara.com – Awal April kerap kali jadi trend yang menghalalkan orang-orang untuk melakukan kebohongan. Membuat kebohongan didasari dari berbagai alasan ada yang sekedar untuk menjaili orang dan ada juga yang menjadikannya semata-mata hanya untuk bersenang-senang. Karena kebohongan yang mereka buat itu erat kaitannya dengan lelucon. Bahkan ada yang sampai niat banget.

April Mop

April Mop – Ist

Bukan hanya perseorangan yang melakukannya. Bahkan lembaga jurnalis pernah melakukan ‘kebohongan’ untuk merayakan April Mop. Semakin legendarisnya berita hoax atau prank tersebut pun bahkan masih terkenal hingga kini, berikut penulis kutip dari berbagai sumber.

1. Robohnya Menara Pisa (1950)

Salah satu stasiun televisi di Belanda pernah menyiarkan berita bahwa Menara Pisa di Italia telah rubuh dan hancur. Banyak masyarakat yang terkejut karena berita itu langsung menghubungi stasiun teve tersebut perihal kebenarannya. Namun, berita tersebut hanya isu semata dan dibuat untuk sekedar mengisi hari April Mop. Menara Pisa awalnya didisain supaya dapat berdiri secara tegak vertikal akan tetapi pada agustus 1173 menara tersebut mulai miring. Terletak tepat di belakang katedral yang merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracolli (lapangan pelangi) kota Pisa.

2. Deteksi bau melalui gelombang udara ala BBC (1965)

BBC mengeluarkan pernyataan pada tahun 1965 yang menyatakan bahwa mereka telah melakukan penelitian dengan teknologi terbaru yang memungkinkan transmisi gelombang udara untuk deteksi bau dan mengirimkannya kepada pendengar. Banyak loh yang tertipu dengan berita ini dilaporkan banyak pendengar yang segera menghubungi BBC untuk mengkonfirmasi mengenai kebenaran berita yang ternyata hanya isu tersebut.

3. Ladang Spaghetti (1957)

Lagi-lagi berita hoax untuk mewarnai kisah April Mop dilakukan oleh BBC kali ini oleh stasiun televisi mereka. Pada tahun 1957 diinformaskan bahwa beberapa petani di Swiss telah memanen spaghetti karena saat itu musim dingin dan hama yang suka makan spaghetti telah musnah. Para pemirsa yang penasaran langsung menelpon dan menanyakan bagaimana caranya. Dasar emang niat iseng, BBC melanjutkannya dengan menjawab supaya mereka menyimpan sedikit spaghetti di kaleng yang diisi saus tomat lalu menunggunya untuk tumbuh.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel lainnya: Video Ketika Lantai Lift Tiba-Tiba Runtuh

Comment di sini