7 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

by
April 6th, 2015 at 4:07 pm

CiriCara.com – Buah durian merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama durian diambil karena mempunyai ciri khas kulitnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Buah durian mempunyai nama populer yaitu “raja dari segala buah”. Durian juga dikatakan buah yang yang kontroversial, walaupun banyak orang yang menyukai dan memburunya, namun sebagian orang malah mual-mual atau muak dengan aromanya yang menyengat, warna buah kuning serta memiliki duri-duri yang tajam pada kulitnya menjadi jadi ciri khasnya.

Buah Durian

Durian – Ist

Mungkin hanya sebagian orang yang mengerti dan tahu banyak tentang buah berduri ini, disamping mempunyai kandungan nutrisi berupa karbohidrat, serat, protein, vitamin B1, B2, kalsium, fosfor serta vitamin C, berbagai nutrisi tersebut dapat menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari, dan ternyata buah durian ini mempunyai kemanfaatan bagi kesehatan kita. Berikut 7 manfaat durian bagi kesehatan:

  1. Mengurangi kecapean. Kandungan dalam durian terdapat 100 gram buah yang mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga dapat dikatakan bahwa buah durian sebagai asupan untuk menambah energy tubuh secara instan.
  2. Mengurangi depresi. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada buah durian mempunyai peran untuk memproduksi zat serotonin. Zat ini sangat berperan untuk menangkal depresi yang menyerang anda.
  3. Bermanfaat bagi tulang dan gigi. Kandungan kalsium pada buah durian, kalium serta vitamin B1 dan B2, sebagai penyuplai berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.
  4. Mencegah keriputan. Sumber vitamin C pada buah durian ini dapat menangkal radikal bebas dan dapat memperlelet proses penuaan dini pada kulit dan wajah.
  5. Memperlancar pencernaan. Dikarenakan mengandung serat yang cukup banyak, maka buah durian dapat membantu kinerja organ pencernaan sehingga bekerja lebih optimal, sehingga dapat mengatasi sembelit, susah buang air besar.
  6. Kadar gula darah menjadi stabil. Buah durian mengandung mangan yang berperan untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal.
  7. Pencegahan kurang darah. Karena mengandung folat, zat besi, serta tembaga yang berperan untuk mengatasi gejala kekurangan darah (anemia) apabila menimpa diri anda.

Demikan 7 manfaat buah durian bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Cara Membuat Pancake Durian yang Enak

Comment di sini