Apa itu Samba-Matsuri?

by
April 6th, 2015 at 1:42 pm

CiriCara.com – Jika mendengar kata ‘samba’, Anda pasti sudah berpikir bahwa itu berhubungan dengan negara Amerika Latin, Brazil. Yap, Samba adalah sejenis tarian yang berasal dari sini. Namun, di Jepang ternyata ada acara serupa yang disebut Samba-matsuri. Bagaimana awalnya?

festival di jepang

Samba Matsuri – Thomas Gittel, Tokyo

Secara harfiah, ‘matsuri’ dapat diartikan sebagai suatu festival atau perayaan. Sedangkan ‘samba’ sendiri merupakan festival dan juga tarian khas Brazil. Di Jepang, diadakannya Samba-matsuri karena banyaknya orang Brazil yang menetap di Jepang, baik secara permanen atau yang hanya temporer. Karena banyaknya orang Brazil di sana, serta dikaitkan dengan sejarah ketika Perang Dunia, maka pemerintah Jepang mempersilakan dihelatnya Samba-matsuri di negara mereka.

Layaknya tarian Samba Brazil, Samba-matsuri adalah sebuah perayaan berupa tarian yang mempertontonkan keindahan warna-warna gaun yang dikenakan sang penari dan juga kemolekan tubuh sang penari itu sendiri.

Memang beberapa orang menyebut Samba sebagai tarian yang seronok karena mayoritas penarinya hanya menggunakan busana yang sangat minim dan hanya menutupi daerah vitalnya saja. Meskipun begitu, Samba-matsuri selalu dipadati oleh banyak orang yang ingin menonton serta mengabadikan momen. Di Jepang, Samba-matsuri yang paling terkenal adalah Asakusa Samba Carnival yang dihelat di Asakusa. Festival ini diadakan pada musim panas.

Selain Samba-matsuri, ada festival musim panas lainnya yang rutin dihelat di Negeri Sakura, yakni festival Hanabi. Kata ‘hanabi’ berarti kembang api. Di Jepang, untuk menyambut musim panas, akan banyak digelar pertunjukan kembang api yang menakjubkan di berbagai tempat.

Kembang api yang akan diluncurkan tersebut ada yang berupa sumbangan dari warga setempat, namun ada pula yang sumbangan dari perusahaan. Katanya, semakin bagus dan besar kembang api yang disumbangkan oleh suatu perusahaan, maka hal itu menunjukkan tingkat kemakmuran perusahaan yang bersangkutan. Memang begitu, ya?

Festival menjelang musim panas tak hanya Samba-matsuri dan Hanabi. Ada lagi Hachiman-matsuri, yaitu perayaan yang biasanya diadakan pada minggu ketiga di bulan Agustus. Pada perayaan ini, akan diusung sebuah rumah-rumahan mirip kuil. Secara silih berganti, orang-orang akan berebut untuk ikut memikul benda yang disebut Mikoshi tersebut. Kalau di Indonesia, benda sejenis ini mirip dengan Ogoh-ogoh yang ada di Bali. Jadi, kapan Anda liburan ke Jepang untuk menikmati festival unik ini?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini