Apa itu Suku Damal?

by
April 6th, 2015 at 8:35 am

CiriCara.com – Damal atau orang Damal merupakan salah satu suku yang mendiami di pegunungan Papua, menurut cerita secara turun temurun bahwa Suku Damal berasal dari daerah “Mepingama” di Lembah Beliem Wamena, hal tersebut dapat dicermati dari kata “Kurima” yang artinya tempat kali pertama nenek moyang  Damal berkumpul.

suku damal

Suku Damal – Ist/Wikipedia

Dan “Hitigima” yang artinya nenek moyang orang Damal kali pertama yang mendirikan honai dari alang-alang.  “Kurima” merupakan pendiri dari berbagai suku-suku yang pada akhirnya mereka akan meninggalkan pendirinya satu persatu ada yang menuju ke arah barat.

Suku Damal mempunyai rumah adat yang dinamakan Honai, rumah tersebut terbuat dari alang-alang tetapi atapnya saja, adapun tiang-tiangnya terbuat dari kayu hutan yang kuat dari tahun ke tahun. Karakteristik suku Damal ini yaitu cara memasak makanan, mereka sudah menggunakan api. Api dibuat dengan “Hagan” yaitu kayu kecil kering yang dibelah tengahnya dan menggunakan tali rotan yang kering kemudian tali rotan tersebut dijepit dengan kayu kering yang tengahnya di belah itu, dan kedua ujung tali rotrannya ditarik terus-menerus hingga bergesekan antara tali rotan dan kayu mulai panas. Kemudian panas tersebut mengeluarkan asap sampai tali rotan itu putus dan menghasilkan api.

Secara demografi masyarakat kesukuan Damal menyatu dengan alam, dan mereka sulit untuk merantau ke daerah kerabat. Karena mereka sangat mencintai daerah mereka sendiri. Alam yang mereka diami adalah pemberian sang pencipta yang berlimpah-limpa dan menyimpan mutiara-mutiara yang tidak ternilai harganya, sehingga patut untuk dijaga dan dipertahankan. Orang Damal mempercayai bahwa mereka merupakan keturunan pertama dari sulung nenek moyang bangsa manusia.

Dari suku Damal ini terpecah menjadi dua suku bangsa, yaitu suku Damal yang hidup di Kabupaten Puncak Papua, Beoga dan Ilaga, dan yang kedua adalah suku Amungme yang bertempat tinggal di kabupaten Mimika dan anak sukunya adalah suku Dalem yang hidup di sepanjang sungai Mambramo, pada intinya bahwa suku Dale mini merupakan gabungan dari tiga suku yaitu Suku Damal, Suku Dani, dan Suku Wonno.

Penulis: MasArif

Comment di sini