Hal yang Membuat Renggangnya Hubungan Keluarga

by
April 6th, 2015 at 10:54 am

CiriCara.com – Hubungan antara orang tua dan anak adalah ikatan yang sangat erat. Namun, pada saat ini kehidupan individualisme sudah mulai menyentuh kehidupan masyaralat Indonesia khususnya di daerah kota besar. Bayangkan saja, zaman dahulu yang mana mereka makan malam setiap hari bersama keluarga, saat ini banyak dari orang tua atau anak yang tidak menghabiskan waktu bersama seperti itu lagi.

tips keluarga, bertengkatr di depan anak, bertengkar, orangtua bertengkar, dampak bertengkar di hadapan anak

Bertengkar di depan anak – Ist

Apa sih yang menjadi penyebab longgarnya hubungan antara anak dan orang tua? Berikut beberapa ulasan yang saya dapatkan karena melihat kehidupan teman saya.

1. Tuntutan Pekerjaan

Orang tua bekerja terlalu sibuk. Mereka bekerja ini dan itu, di waktu kapan pun karena untuk mencukupkan kebutuhan hidup mereka. Hal ini yang mulai membuat para orang tua mengabaikan hal-hal tentang keluarga karena lebih mementingkan pekerjaan dan karir mereka tak terkecuali mereka mulai menghilangkan kehangat keluarga. Mereka berpikir dengan memberi uang saja, hal itu akan membuat anak bahagia? Ya, secara finansial memang cukup, apakah secara psikis mereka merasa dicukupkan?

2. Pencampuran Kebudayaan

Jika saat ini dilihat, kelakuan dan pribadi dari bangsa Indonesia tidak mencerminkan seperti kehidupan dan pribadi bangsa Indonesia zaman dulu terutama dalam hal hubungan keluarga. Indonesia sangat terkenal dengan sifatnya yang kekeluargaan dan bersahabat. Namun, karena globalisasi sehingga pencampuran kebudayaan mulai menjelajahi kehidupan dan sifat bangsa Indonesia, maka timbullah yang dinamakan sifat individualisme. Dimana sifat seperti masa bodoh dan tibgkat keegoisannya yang tinggi. Mereka mulai tidak memperhatikan kehidupan orang lain.

3. Pandangan yang Berubah

Dahulu, hubungan antara keluarga sangat penting. Namun, karena saat ini di era semua yang serba butuh uang, pandangan itu berubah, Sekarang dimana yang paling utama adalah mencari uang. Tanpa disadari berbagai pandangan lain yang berubah membuat hubungan antara keluarga pun berkurang.

4. Adanya Jasa Pengasuh

Nah, ini salah satu yang paling gawat. Karena bekerja, anak sudah diasuh oleh orang lain dari kecil. Tanpa disadari ini akan membuat anak kita menjadi lebih sayang dan merasakan kasih dari pengasuhnya daripada terhadap orang tuanya sendiri.

Semoga hal di atas dapat membantu kalian. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini