Jenis Makanan yang Patut Kamu Hindari Bila Badan Kamu Tidak Fit

by
April 6th, 2015 at 11:41 am

CiriCara.com – Akhir-akhir ini cuaca yang kita hadapi cenderung tidak stabil kadang-kadang hujan ataupun menjadi panas pada siang hari. Walaupun cuaca yang kita alami sedang terjadi demikian, hal ini tentunya membuat kamu harus memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Source: Saurna.com

Sebab bila kita tidak memperhatikan asupan nutrisi yang kita makan mungkin tubuh kita bakal tidak terjaga dengan baik. Hal ini membuat tubuh kamu tentu akan mudah sekali terinfeksi penyakit dan mudah terserang virus. Nah untuk kamu yang kondisinya badannya tidak sehat atau tidak fit, semestinya kamu harus menghindari makanan yang kamu konsumsi.

Takutnya jika kamu mengonsumsi makanan yang salah justru akan membuat badan kamu menjadi parah. Berikut ini adalah jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi bila badan kamu kurang fit. Mau tahu apa itu? Yuk simak ulasannya seperti yang dilansir dari merdeka.com.

Saat Diare

Kamu tentu pernah mengalami yang namanya diare. Diare mungkin saja itu disebabkan dari kamu yang sering mengonsumsi makanan yang kotor ataupun terdapat virus di perut. Bagi kamu yang ingin sembuh dari diare, sebaiknya kamu hindari makanan yang mengandung pemanis buatan dan permen karet yang justru terdapat kandungan sorbitol. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu sistem pencernaan dan sulit sekali untuk dicerna di dalam perut.

Bukan hanya itu saja yang kamu mesti kamu hindari, kamu juga perlu menghindari makanan yang sifatnya mengandung kembung dan gas seperti apel, bawang, kacang-kacangan, kubis, dan brokoli.

Sebagai tambahan saja bahwa susu juga bisa memperburuk kondisi seseorang yang mengalami diare, serta kafein dan juga alkohol.

Saat sembelit

Orang yang mengalami sembelit bisa jadi orang tersebut mengalami kekurangan serat. Bila kamu sedang mengalami sembelit sebaiknya kamu harus hindari makanan seperti obat anti depresi, produk susu, cokelat, dan juga obat-obatan yang mengandung suplemen zat besi.

Saat merasa mual

Untuk kamu yang pernah mengalami mual, coba untuk hindari makanan yang mengandung pedas, berminyak, dan minuman soda yang justru akan memperparah kondisi seseorang jika terjadi mual. Hindari pula minuman yang mengandung kafein serta alkohol.

Saat tubuh terasa pegal

Kamu pasti pernah kan kalau badan kamu terasa nyeri dan pegal-pegal. Nah untuk kamu yang mengalami seperti itu perbanyaklah untuk selalu minum air putih dan hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Saat sakit kepala

Orang yang sering mengalami sakit kepala biasanya orang tersebut kekurangan cairan atau juga mengalami dehidrasi. Dan makanan pun juga bisa diibaratkan sebagai pemicu orang mengalami sakit kepala seperti makanan yang mengandung MSG, pemanis buatan, buah-buahan yang dikeringkan dan wine.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini