Museum “Setan” di Jepang yang Unik

by
April 6th, 2015 at 9:20 am

CiriCara.com – Apakah kamu tertarik dengan cerita-cerita hantu atau setan? Kalau kamu termasuk orang yang tertarik dengan sosok iblis dan setan, serta ingin mengenal jenis iblis dan setan yang sering muncul dalam cerita dongeng, maka kamu wajib berkunjung ke Kyoto, Jepang. Di kota ini ada sebuah museum bertema tentang iblis dan setan, yaitu The Japanese Oni Exchange Museum.

museum oni jepang

Museum Oni, Setan di Jepang – Ist

Di dalam museum yang berlokasi di Jalan Butsushoji 909, Oe-Cho, Fukuchiyama ini, kita bisa melihat berbagai jenis iblis dan setan yang ada dalam cerita rakyat Jepang. Contohnya, oni. Oni dalam cerita rakyat Jepang digambarkan sebagai makhluk bertanduk dan berkulit merah dengan rambut pirang atau coklat tua. Sosok Oni diperkirakan berasal dari penampilan bajak laut yang datang dari perairan sekitar Rusia. Kulit mereka yang putih menjadi merah setelah terbakar matahari. Penduduk setempat yang belum pernah melihat orang asing mengira mereka adalah oni. Jadi, menurut rakyat Jepang oni adalah sosok iblis.

Museum ini memamerkan segala sesuatu yang berhubungan dengan iblis maupun setan. Ada sosok yang ditemukan dalam cerita klasik Jepang dan yang dipercaya benar-benar ada di Jepang, serta sosok iblis dan setan yang ditemukan pada berbagai cerita dari negara-negara di dunia. Ada tidak ya, sosok tiruan hantu pocong di sini?

Bangunan The Japanese Oni Exchange Museum ini dirancang dengan konsep yang berkaitan dengan setan. Bangunannya memiliki bentuk oval, tetapi ada bagian yang dibuat meruncing sehingga menyerupai tanduk kepala setan. Uniknya, ada patung kepala setan berukuran besar yang dinamai Great Heisei Demon, yang ada di depang museum ini.

Di bagian dalamnya, kita akan melihat berbagai display tentang iblis dan setan. Di sini ada sebuah ruangan yang khusus memamerkan benda-benda yang berkaitan dengan setan khas Jepang seperti patung, topeng, hingga lukisan dan gambar.

Museum unik ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Uniknya lagi, museum ini tutup pada hari Senin. Apabila hari Senin sedang libur nasional, maka museum ini tutup pada hari Selasa. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjungi museum setan ini?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini