Orang Tertua di Dunia Meninggal di Usia 117 Tahun

by
April 6th, 2015 at 8:43 am

CiriCara.com – Siapa sangka orang yang dijuluki orang paling tertua di dunia di Jepang kini sudah meninggal. Ya, orang tersebut meninggal dunia pada saat beberapa pekan yang lalu setelah ia merayakan ulang tahunnya yang kini berusia 117 tahun. Orang yang dijuluki tertua di dunia itu tersebut bernama Misao Osaka, Misao Okawa meninggal di tempat kota kelahirannya di tepatnya di kota Osaka.

Misao Okawa

Misao Okawa – Ist

Misao Okawa meninggal dikarenakan gagal jantung. Hal ini membuat para perawat panti jompo dan cucunya berada terus di sampingnya ketika Okawa meninggal. Tomohiro Okada yang merupakan seorang pejabat di rumah panti jompo Osaka tersebut menuturkan bahwa sebagian masyarakat memuji terhadap Misao Okawa lantaran selama hidupnya ia selalu menjalani kehidupannya dengan sehat sehingga ia terus dikasih umur panjang terus.

Okada pun menambahkan bahwa saya merasa kehilangan atas meningggalnya Misao Okawa. Namun bukan Okada saja yang merasa kehilangan tapi masyarakatnya pun juga merasa kehilangan. Sebelum Okawa meninggal, Okawa juga sudah kehilangan rasa nafsu makannya sekitar 10 tahun yang lalu.

Identitas Misao Okawa lahir pada tanggal 5 Maret 1898 dan tempat lahirnya berada di Osaka. Bahkan kelebihan Misao Okawa dijuluki sebagai orang tertua. Julukan tersebut sebagai orang tertua pun pernah tercantum pada tahun 2013 oleh Guinness World Records.

Okawa dulunya merupakan seorang putri pengrajin dalam hal membuat kimono. Bahkan, Okawa pernah mengatakan bahwa dalam perayaan ulang tahun yang dilaksanakan pada awal Maret 2015 yang lalu yang kini memasuki umur 117 tahun tersebut, bagi dia hidup dengan umur segitu tidak begitu lama. Dalam menjalani hidupnya pun ia sudah mengalami pergantian abad sebanyak 3 kali.

Pergantian abad itu pun banyak sekali peristiwa yang Okawa alami diantaranya pergantian presiden Amerika Serikat sebanyak 20 kali, pergantian empat kaisar Jepang, dan enam monarki Inggris. Okawa pun pernah hidup pada zaman dimana Indonesia sedang mengalami penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Kini Okawa yang dijuluki sebagai orang tertua di dunia sudah meninggal dan ia pun meninggalkan enam cicit dan empat cucu.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini