4 Manfaat Pelatihan Dasar Sebuah Komunitas atau Organisasi

by
April 7th, 2015 at 10:13 am

CiriCara.com – Setiap organisasi, tentunya memiliki kebiasaan dan kebudayaan masing-masing. Kebudayaan dan kebiasaan maupun peraturan yang ada di dalam sebuah organisasi tentunya diharapkan untuk membentuk sifat setiap anggota organisasi menjadi sesuai tujuan organisasi. Selain itu, hal itu berguna demi keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan oleh setiap oranisasi tersebut.

komunitas

Komunitas – Ist

Salah satu yang bisa digunakan dalam menerapkan kebiasaan atau kebudayaan organisasi itu adalah pelatihan dasar. Apa saja sih pentingnya pelatihan dasar dalam sebuah organsiasi atau komunitas? Berikut beberapa hal pentingnya diadakan pelatihan dasar.

1. Melatih Kemampuan Mental Setiap Anggota Organisasi

Di dalam pelatihan dasar setiap organisasi berbeda-beda. Namun pada dasarnya salah satu tujaun dilakukannya pelatihan dasar ini adalah untuk melatih mental dan kesiapan jiwa dari setiap indidvidu. Hal ini digunakan untuk membentuk karaakter dalam diri setiap anggota organisasi. Karena pelatihan mental ini guna dilakukan agar misalnya organisasi mengalami sebuah hal, maka dengan adanya pelatihan mental tersebut, membuat anggota organisasi mengerti apa yang harus dilakukan.

2. Menerapkan Kebudayaan Organisasi

Dalam pelatihan dasar tentunya pelatihan yang diberikan adalah mengenai hal yang paling mendasar dalam sebuah organisasi atau komunitas. Karena itu dengan adanya pelatihan seperti ini, maka pada kesempatan inilah organisasi tersebut menunjukkan kebudayaannya dan seperti apa sebenarnya yang ada dalam organisasi tersebut.

3. Menjalin Keakraban Internal

Tentunya pelatihand asar tidak dilakukan secara individu dong. Biasanya pelatihan dasar akan dialkukan dengan menginap di sebuah tempat yang dijadikan tempat pelatihan dasarnya. Salah satu hal yang berguna juga dari hal ini adalah untuk menjalin keakraban dan relasi antar sesama anggota organiasi. Karena pastinya dalam setiap pelatihan akan dituntut dalam hal kerjasama dan kekompakkan. Hal itu berguna untuk mempererat hubungan antar sesama anggota organisasi sendiri.

4. Membuat Setiap Anggota Organisasi Menjadi Cinta Terhadap Organisasinya

Salha satu yang penting lagi adalah dengan adanya pelatihan ini membuat setiap anggota organisasi atau komunitas menjadi lebih cinta terhadap organisasinya. Nggak percaya? Rasain deh.

Apakah kalian masuk dalam sebuah organisasi? Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini