5 Trik Hemat Saat Belanja

by
April 7th, 2015 at 9:11 am

CiriCara.com – Tak mungkin dapat ditampik belanja merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai hobi. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan aktivitas satu ini. Hanya saja dorongan pemborosan yang sejatinya ada pada setiap insan, selalu kelak berefek buruk pada kondisi kesehatan keuangan.

belanja hemat

Belanja di Supermarket – Ist

Entah itu belanja on the spot atau online, seseorang dengan daya yang kokoh untuk menahan ‘nafsu’ belanjanya, maka cendrung akan terdorong membeli semarak barang-barang yang ditampilkan. Padahal kemungkinan besar itu bukan kebutuhan yang mendesak. Nah, supaya belanja tetap menyenangkan tanpa menguras isi tabungan kamu perlu ingat tips berikut ini.

1. Buat daftar belanja

Bawalah selalu daftar belanjaan kamu dan hindari datang ke pusat perbelanjaan tanpa memiliki tujuan ingin membeli apa. Karena dengan demikian kamu bukan hanya bingung tapi juga akan mendorongmu untuk semakin konsumtif. Ujung-ujungnya kamu menyesal karena sudah membeli barang-barang yang ternyata tidak dibutuhkan dan malah tidak punya uang untuk membeli barang yang memang dibutuhkan. Nah, daftar belanjaan tersebut dapat membantu kamu mengurangi penyesalan seperti itu.

2. Manfaatkan promo atau diskon

Biasanya setiap awal bulan banyak sekali penawaran menarik di pusat perbelanjaan. Kamu bisa menghemat atau memperoleh hasil yang maksimal dengan dana yang kamu miliki melalui diskon atau promo yang sedang berlangsung. Biasanya. Kamu bisa mendapat info diskon lebih dulu jika menjadi member atau pelanggan dari toko favorit kamu.

3. Pergunakan kartu kredit dengan bijak

Gunakan kartu kredit kamu untuk keperluan yang mendesak saja. Tapi terlebih dulu usahakan untuk memakai uang tunai atau kartu debit untuk membayar. Hal ini untuk mencegah penumpukan ‘hutang’ dan untuk menjaga limit kartu kreditmu.

4. Check and recheck!

Jangan lupa mencek ulang barang-barang yang kamu beli. Jangan mengambil barang yang ada di display. Mintalah barang baru kepada petugas toko. Karena biasanya barang yang ada di display kondisinya tidak sebagus barang yang asih dalam ruang penyimpanan.

5. Go with a good friend

Teman yang tepat saat kamu ajak belanja bisa memberi masukan mengenai belanjaan kamu, apakah benar-benar pantas atau tidak untuk kamu. Selain itu, ia juga bisa membantu mengingatkan kamu mengerem naluri shopaholic kamu.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini