7 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

by
April 7th, 2015 at 1:13 pm

CiriCara.com – Solanum Melongena atau Terong merupakan tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Sayuran terong berasal dari India dan Sri Lanka, dan terong masih mempunyai family dengan kentang dan leunca. Tanaman terong bisa tumbuh hingga tinggi antara 40-150 cm berdaun besar dan lobus yang kasar. Ukurannya sekitar 10-20 cm dengan panjang dan lebar sekitar 5-10 cm.

Terong

Terong – Ist

Batangnya biasanya berduri, warna bunganya antara putih hingga ungu dan bermahkota yang memiliki lima lobus. Di lihat dari segi Botani, bahwa terong memiliki biji yang kecil dan lembut, biji tersebut dapat dimakan, tetapi mempunyai rasa yang pahit karena mengandung nikotin sejenis alkaloid yang banyak dikandung pada tanaman tembakau.

Sekilas bahwa sayuran terong hanya dijadikan masakan yang berkuah, seperti campuran sayur asam dan sejenisnya atau lalapan plus sambal (biasanya umum di daerah Tegal Jawa Tengah) semata. tetapi dibalik itu semua, bahwa sayuran terong mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

  1. Nutrisi otak yang baik. Kandungan phyto pada terong merupakan salah satu makanan yang sangat dibutuhkan oleh otak kita, jadi bila kita tidak bingung dengan makanan yang bisa menutrisi otak kita adalah dengan terong.
  2. Melancarkan pencernaan. Serat yang terkandung dalam sayuran terong bisa membantu dalam menyehatkan saluran pencernaan serta pencegahan terhadap kanker yang dapat menyerang usus.
  3. Anti penyakit diabetes. Sumber serat dan rendah karbohidratnya pada terong ternyata dapat mencegah penyakit diabetes.
  4. Nutrisi jantung yang bagus. Sayuran terong dapat meminimalisir kadar kolestrol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung kita.
  5. Pengontrol tekanan darah tinggi. Bioflavonoid pada terong mempunyai peranan yang cukup besar dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Membuat tulang bertambah kuat dan menjadi sehat. Kalsium pada sayuran terong bisa memperkuat dan mempertahankan kekuatan tulang dan sendi-sendi.
  7. Anti anemia. Zat besi yang terkandung dalam sayuran terong dapat mencegah anemia yang diderita oleh sebagian orang.

Demikian manfaat terong untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat dan cintailah terong, jenis sayuran yang mudah dicari dan terjangkau harganya.

Penulis: MasArif

Comment di sini