Apa Itu Seppuku?

by
April 7th, 2015 at 8:44 am

CiriCara.com – Pernahkah kamu mendengar kata seppuku atau harakiri? Jika kamu penyuka drama kolosal atau film Jepang, kamu akan melihat adegan bunuh diri ini. Sebenarnya apa itu Seppuku?

Seppuku

Seppuku – Ist

Secara harfiah, ‘seppuku’ berarti memotong perut. Seppuku berasal dari jalan hidup para samurai yang lebih memilih untuk mati (di tangan sendiri) untuk menjaga kehormatannya daripada ditaklukan oleh musuh. Seppuku dapat dilakukan karena samurai melanggar aturan atau berbuat hal yang memalukan. Seppuku sering dilakukan karena kegagalan menyelesaikan suatu tugas. Budaya ini sudah dilakukan sejak abad ke-12 dan mulai dilarang secara resmi sejak tahun 1868. Meski begitu, masih ada saja orang yang mempraktekkannya!

Sedikit menakutkan, Seppuku dilakukan dengan menusukkan pisau ke perut, kemudian menggerakkannya dengan arah tertentu, biasanya dari kiri ke kanan, hingga menyayat isi perut. Untuk Seppuku yang resmi, dilakukan di depan orang-orang sebagai saksi dan sang Samurai mulai menulis haiku (puisi) sebagai kata-kata terakhirnya.

Ketika Samurai menusuk perutnya dengan tantou (pisau pendek untuk seppuku), isi perutnya akan keluar. Lalu, ada Kaishakunin dengan pedang samurai yang bertugas memenggal kepala si Samurai dan meninggalkan sebagian daging yang menempel dengan kepala, sehingga tampak tubuh Samurai memeluk kepala.

Di zaman modern, Seppuku dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh akhir yang terhormat atas permasalahan yang ia rasa tidak ada jalan keluarnya. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah putus asa karena masalah ekonomi, politik, hingga cinta dan kesetiaan.

Sebelum Seppuku, sebenarnya ada istilah Harakiri. Harakiri memiliki penulisan huruf Kanji Jepang yang sama dengan Seppuku. Dalam bahasa Jepang, ‘hara’ berarti perut, sedangkan ‘kiru’ berarti menusuk. Walaupun demikian, orang Jepang jarang yang menggunakan kata Harakiri. Meskipun orang Jepang lebih sering menggunakan nama Seppuku, tetapi di mancanegara lebih dikenal nama Harakiri.

Di Jepang sendiri, istilah Harakiri dianggap kasar, sehingga digunakan kata Seppuku agar lebih halus dan terhormat. Mereka lebih senang menggunakan kata Seppuku yang memiliki arti yang sama dengan Harakiri. Namun kenyataannya, tak semua perbuatan bunuh diri disebut Seppuku. Tindakan ini cukup menakutkan, ya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini