Awas! Minum Teh Berlebihan Sebabkan Gagal Ginjal

by
April 7th, 2015 at 10:49 am

CiriCara.com – Perlu kamu ketahui, bahwa orang yang selalu terbiasa mengonsumsi air teh ternyata dapat membahayakan ginjal yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini didasarkan dari pernyataan oleh seorang dokter dimana terdapat seorang pasien dari Arkansas yang mengalami gagal ginjal.

Source: buzzerg.com

Info yang yang diketahui bahwa pasien yang berjenis kelamin pria ini dan kini berusia 56 tahun itu memang diketahui bahwa pria tersebut memang gemar sekali dalam mengonsumsi minuman es teh dengan kadar jumlah yang tinggi. Bahkan pasien tersebut menuturkan bahwa dirinya mengakui kalau dalam sehari ia sanggup mengonsumsi minuman es teh sebanyak 16 gelas. Dokter pun yang menangani pasien tersebut menuturkan kalau teh hitam itulah yang mengandung senyawa zat kimia sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami batu ginjal ataupun gagal ginjal jika mengonsumsi air teh secara berlebihan.

Awal mulanya pria itu masuk ke rumah sakit lantaran ia mengalami suatu keluhan pada dirinya diantaranya mual, kelelahan, dan nyeri tubuh. Menurut laporan, pria tersebut masuk ke rumah sakit pada tahun lalu di bulan Mei. Ghaffar, yang merupakan salah satu dokter yang menangani kasus tersebut mengatakan pria tersebut memang mengalami kondisi ginjal yang amat buruk lantaran dalam tubuh dia ada yang tersumbat dan meradang yang disebabkan oleh oksalat. Oksalat merupakan suatu bahan kimia yang ada pada makananan.

Mau tidak mau, pria tersebut terpaksa harus menjalani terapi yakni cuci darah secara rutin. Tujuan pasien tersebut melakukan cuci darah secara rutin ialah agar pasien ini dapat kembali sehat. Ngomongin masalah senyawa kimia pada makanan, ternyata oksalat tidak hanya ditemukan pada teh hitam saja. Melainkan oksalat banyak ditemukan di kacang-kacangan, bayam, cokelat, dan dedak gandum. Oleh karenanya, jika orang tersebut terbiasa mengonsumsi senyawa kimia oksalat ini maka sudah dipastikan seseorang bisa menyebabkan kondisi seperti gangguan ginjal dan masalah pencernaan pada usus.

Menurut dokter ahli spesialis ginjal dari Yale School of Medicine, Dr. Randy Luciano mengungkapkan kasus pasien pria ini memang tergolong tidak biasa bahkan jarang sekali terdengar masalah seperti ini. Luciano pun juga menambahkan selama ia menangani kasus pasien yang mengalami gagal ginjal belum ada yang terjadi karena disebabkan mengomsumsi air teh. Namun untuk pasien yang disebabkan karena kadar oksalat memang ada dan sudah biasa.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Sumber: Viva.co.id

Comment di sini