Pentingnya Membuat Studi Kelayakan Bisnis

by
April 7th, 2015 at 2:31 pm

CiriCara.com – Dalam menjalankan sebuah bisnis, bukan sembarang waktu atau sembarangan hal dilakukan. Tentunya dilakukan dengan memalui pertimbangan yang cukup rumit dan dengan pertimbangan yang matang. Hal ini tentunya dilakukan sebelum bisnis tersebut dijelaskan tentunya.

media sosial

Bisnis di Media Sosial – Ist

Sebenarnya apa sih manfaat membuat sebuah studi kelayakan bisnis sebelum melakukan sebuah bisnis? Kenapa harus dilakukan sebelum bisnis itu dijalankan? Berikut beberapa hal pentingnya dalam membuat sebuah studi kelayakan bisnis.

1. Mempertimbangkan Resiko

Dalam sebuah studi kelayakan bisnis begitu banyak hal yang dilakukan. Salah satunya adalah resiko yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis tersebut. Resiko ini dapat berupa kekurangan yang mungkin terjadi, akibat yang akan terjadi, kesalahan dan kerugian yang akan terjadi, maupun ancaman yang berasal dari luar perusahaan sendiri. Studi kelayakan bisnis membantu kita dalam memepertimbangkan kemungkinan resiko apa saja yang akan dihadapai jika bisnis tersebut dijalankan.

2. Membuat Peluang Bisnis

Selain menunjukkan resiko yang mungkin akan terjadi jika bisnis tersebut dijalankan kelak, dalam sebuah studi kelayakan bisnis juga akan dilakukan yang namanya daftar peluang apa saja yang akan didapat perusahaan. Apa peluang yang akan muncul dan bisa diambil oleh perusahaan. Hal apa saja yang membuat perusaahaan mendapat laba jika dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal ini penting karena menunjukkan kekuatan dari dalam diri perusahaan sendiri dan peluang serta hal yang menguntungkan yang berasal dari luar perusahaan.

3. Menentukan Kelayakan Sebuah Bisnis

Sesuai dengan namanya, studi kelayakan bisnis adalah sebuah riset yang dilakuakn untuk menentukkan apakah bisnis tersebut layak dijalnkan atau tidak. Apa yang menentukannya? Salah satunya adalah dengan membandingkan antara peluang dan dan resiko yang ditimbulkan. Bagaimana mengatasi resiko tersebut dan bagaimana menambah peluang dari bisnis tersebut. Lalu dilakukan suatu perhitungan yang nanti akan dibandingkan dengan sebuha standar sehingga kita dapat memgetahui apakah bisnis yang nanti aka dijalnkan apakah layak atau tidak, apakah mendatangkan ekuntungan atau tidak.

Semua bisnis yang dilakukan tujuannya pasti untuk mendatangkan keuntungan, jaid pikirkan ide bisnis serta cara mengimplementasikannya secara matang. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: Ois Luo

Comment di sini