5 Makanan Ini Tidak Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Terik

by
April 8th, 2015 at 8:51 am

CiriCara.com – Hidup di negara yang iklimnya tropis membuat orang-orang Indonesia akrab dengan sinar matahari. Tidak ada satu pun yang bisa mendustai ada banyak manfaat yang lahir dari sang raja cahaya tersebut. Namun, terus-menerus terpapar matahari sama sekali bukan hal yang membuat tubuh nyaman. Efek yang paling terasa dikala matahari lagi terang benderang, yaitu cuaca panas. Cuaca panas tidak sekedar menimbulkan rasa gerah ada dampak lain yang cendrung negatif. Misalnya, bisa membuat orang merasa cepat marah, tubuh lebih mudah lelah, keringat berlebihan yang bisa mengakibatkan munculnya aroma yang kurang sedap, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Cuaca Panas

Cuaca Panas – Ist

Saat cuaca panas amunisi penting yang diperlukan tubuh adalah air mineral. Mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup dapat menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Sehingga mampu menjaga kesehatan pada musim panas. Salah memilih makanan bisa menjadi malapetaka pada sistem imun. Nah, ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat cuaca panas.

- Hindari makanan yang banyak bumbu

Makanan yang diolah dari bahan rempah-rempah juga bisa memanaskan tubuh. Sebab, kandungan pada rempah-rempah dapat meningkatkan laju metabolisme.

- Pola makan seimbang

Mengonsumsi daging, ikan, ayam, atau seafood tidak tepat disaat musim panas. Sebab, makanan tersebut dapat menghasilkan keringat berlebih serta menyebabkan masalah pencernaan. Kemungkinan juga dapat menimbulkan diare.

- No junk food!

Sebaiknya kamu tidak memakan burger dengan roti berisi daging, atau kentang goreng dan segala jenis makanan yang mengandung banyak minyak. Karena, hal tersebut dapat menyebabkan kamu radang tenggorokan.

- Minimalkan minum kopi dan teh

Kafein dan gula yang ada di dalam kopi dan teh bisa membuat dehidrasi tubuh meningkat sehingga mengurangi cairan tubuh. Selain itu kedua jenis minuman ini pun dapat meningkatkan panas dalam tubuh.

- Hindari saus

Makanan yang mengandung saus perlu dihindari. Pasalnya, beberapa saus mengandung MSG (Monosodium glutamate) dalam jumlah berlebihan. Misalnya, saus keju mengandung 350 kalori. Apabila mengonsumsinya, maka kamu akan mudah merasa kembung dan cepat merasa kantuk.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini