Apa itu Suku Dairi?

by
April 8th, 2015 at 9:38 am

CiriCara.com – Suku Dairi merupakan suku asli di Kabupaten Dairi di Pulau Sumatera yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Suku Dairi ini adalah bagian dari sub suku Batak Pakpak yaitu suku Pakpak Klasen dan suku Pakpak Boang.  Akan tetapi suku Dairi Klasen tidak mau disebut orang Pakpak, tetapi mereka mengaku disebut dengan Batak Dairi atau Dairi saja. Menurutnya mereka disebut suku Pakpak adalah generasi dari puak Pegagan, puak Kepas dan puak Simsimlah yang dinamakan suku Pakpak. Adapun suku Boang menyebut dirinya suku Kahia atau suku Dairi Kahia atau Pakpak Kahia.

Suku Dairi

Ist

Dalam pemerintahan mayoritas suku Pakpak mendiami di wilayah Kabupaten Dairi Sumatera Utara dan pada tahun 2003 dimekarkan menjadi dua Kabupaten, yaitu:

  1. Kabupaten Dairi dengan ibukota Sidikalang
  2. Kabupaten Pakpak Barat dengan ibukota Salak

Suku Pakpak berasal dari keturunan tentara kerajaan Chola di India yang waktu itu menyerang kerajaan Sriwijaya sekitar abad 11 Masehi.

Suku Dairi Pakpak mempunyai 48 marga yaitu, Angkat, Anakampun, Bancin, Bako, Banurea, Berampu, Berasa, Berutu, Bintang, Bako, Boang Manalu, Cibro, Capah, Cibro, Gajah, Gajah Manik, Kesogihen, Kabeaken, Kaloko, Kombih, Kudadiri, Lingga, Maha, Maharaja, Matanari, Manik, Meka, Maibang, Padang, Padang Batanghari (BTH), Penarik Pinayung, Pasi, Sambo, Saraan, Sikettang, Sitakar, Sinamo, Solin, Saing, Tendang, Tinendung, Tinambunan, Tumangger, Turutan, dan Ujung.

Suku bangsa Pakpak diikat oleh sebuah struktur sosial dalam istelah setempat dinamakan struktur sulang silima, sulung silima terdiri dari lima unsur, yaitu :

  1. Sinina tertua atau generasi tertua
  2. Sinina penengah atau generasi yang  di tengah
  3. Sinina terbungsu atau keturunan terbungsu
  4. Beruu atau kerabat penerima gadis
  5. Puang atau kerabat pemberi gadis.

Kelima unsur tersebut diatas sangat berperan dalam pengambilan keputusan segala aspek kehidupan terutama sistem kekerabatan, upacara adat pada komunitas lebbuh atau kuta. Artinya bahwa kelima unsur tersebut wajib terlibat agar keputusan yang diperolehnya menjadi sah secara adat.

Pada suku bangsa Pakpak mempunyai upacara adat yang unik, dengan istilah kerja atau kerja-kerja, namun saat ini diganti dengan istelah Pesta. Upacara adat tersebtu dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) Upacara adat yang ada hubungannya dengan suasana hati gembira yang dinamakan kerja baik dan (2) Upacara adat dalam suasana tidak menggembirakan dinamakan kerja jahat. Contoh dari upacara adat kerja baik adalah upacara perkawinan, upacara menanam padi. Adapun  upacara kerja jahat contohnya upacara tatkala warganya ada yang meninggal dunia

Demikian tentang suku Dairi dengan upacara-upacaranya yang unik.

Penulis: MasArif

Comment di sini