Ciri-Ciri Sahabat yang Munafik

by
April 8th, 2015 at 11:56 am

CiriCara.com – Kita harus pandai-pandai dalam memilih teman atau sahabat. Karena sahabat itu juga bisa berpengaruh pada kehidupan kita. Ada sahabat yang bisa membawa pengaruh baik, namun ada juga sahabat yang membawa pengaruh buruk.

Munafik

Munafik – Ist

Salah satu sahabat yang tidak baik adalah sahabat yang munafik. Dia berpura-pura baik pada kita, tapi padahal di dalam hatinya punya niat yang berbeda. Makanya kamu harus menghindari sahabat yang munafik.

Mau tahu sahabat yang munafik itu seperti apa? Berikut ciri-cirinya:

1. Biang gosip

Dia selalu berkata baik, memuji, dan memuja saat di depan kamu. Tapi setelah kamu pergi, dia malah menceritakan keburukan kamu ke teman-teman yang lain. Dia berteman sama kamu cuma buat mengorek informasi supaya bisa jadi bahan buat gosip.

2. Muka dua

Saat bersama kamu, dia suka ngejelek-jelekin temennya. Tapi saat dia bersama dengan temennya, dia malah berbalik ngejelek-jelekin kamu. Sahabat yang bermuka dua seperti ini memang sulit dikenali karena dia sangat jago akting. Jadi kamu harus waspada.

3. Ingkar janji

Dia janji bakal menutup rapat-rapat mulutnya soal curhatan kamu, tapi setelah beberapa lama dia malah mengumbarnya ke semua orang. Alhasil kamu pun jadi bahan pergunjingan orang ramai. Makanya, kamu harus hati-hati curhat sama orang. Pilih yang dapat dipercaya.

4. Merebut gebetan

Pas kamu lagi deket sama seseorang, dia tiba-tiba muncul dan ngasih tahu kalau gebetan kamu itu orangnya nggak baik. Tapi setelah kamu batal jadian, eh ternyata malah dia yang pacaran sama gebetan kamu itu.

5. Mengambil keuntungan

Dia berteman sama kamu cuma buat dapet tumpangan gratis pas ke sekolah. Giliran motor kamu mogok di tengah jalan, eh dia malah pergi ke sekolah duluan naik ojek. Bukannya bantu dorong, dia malah nyelamatin diri sendiri doang.

6. Senang tapi kesal

Dia mengaku senang melihat kamu sukses. Padahal sebenarnya dia merasa kesal. Dia mengucapkan selamat atas kesuksesan kamu, tapi dia juga menyebarkan gosip bahwa kamu sukses karena curang, korupsi, warisan, dll.

Selain ciri-ciri di atas, tanda orang munafik itu juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW. “Jika berbicara selalu berdusta, jika berjanji selalu ingkar, dan jika dipercaya selalu berkhianat.” (HR Bukhori).

Mari kita berdoa kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari fitnah dan hasut sahabat munafik. Dan mari kita doakan pula agar sahabat kita sadar dan bertaubat, karena bagaimana pun dia adalah sahabat kita.

(YG)

Comment di sini