Manfaat Kembang Kol yang Patut Kamu Ketahui

by
April 8th, 2015 at 1:49 pm

CiriCara.com – Siapa yang diantara kalian yang tidak suka dengan sayuran bunga kol atau kembang kol? Mungkin kalian masih malu-malu untuk menjawabnya. Memang sayuran kol memang enak dikonsumsi kalau kol tersebut dibuat menjadi sup, ditumis, dan digoreng menjadi tempura sayuran.

Source: simplyscratch.com

Walaupun kembang kol dijadikan bahan santapan yang enak namun tetap saja sebagian masyarakat yang masih tidak suka dengan kembang kol tersebut. Padahal kembang kol memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Mau tahu apa saja manfaat bila kita mengonsumsi kembang kol ini. Berikut informasinya seperti yang dilansir dari situs merdeka.com.

- Kaya Nutrisi

Kembang kol memiliki kandungan yang baik buat manusia seperti asam folat, riboflavin, tiamin, asam pantotenat, dan niasin. Bahkan kembang kol juga mengandung vitamin k dan lemak omega-3. Kembang kol juga memiliki protein yang baik untuk manusia seperti kalium, fosfor, dan mangan.

- Tinggi zat antioksidan

Bukan hanya pada buah saja yang memiliki kandungan vitamin C, justru vitamin c juga ada pada buah kembang kol. Kembang kol juga punya kandungan zat antioksidan lainnya seperti quercetin, asam sinamat, beta karoten dan fitonutrien. Zat antioksidan pada kembang kol ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan pertahanan sel tubuh pada manusia.

- Menyehatkan otak

Kol bukan hanya untuk menyehatkan tubuh saja, melainkan orang yang rajin mengonsumsi kembang kol justru dapat menyehatkan otak. Mengapa kembang kol dapat menyehatkan otak? Menurut para ahli bahwa kembang kol memiliki kandungan kolin yang tinggi yang fungsinya untuk meningkatkan kognitif pada bayi serta untuk orang dewasa juga.

- Mencegah kanker

Kembang kol memiliki semacam sumber sulforaphane atau senyawa sulfur yang fungsinya untuk menghancurkan sel-sel induk pada penyakit kanker. Nah untuk itu, bagi penderita penyakit kanker sangat baik juga untuk mengonsumsi kembang kol ini karena dapat memperlambatnya tumbuhnya tumor pada tubuh. Beberapa peneliti pun menyatakan bahwa kembang kol pun memiliki peranan yang baik dalam mengendalikan kanker yang dialami oleh manusia.

Itulah sajian informasi yang bisa saya sampaikan semoga dengan membaca artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jadi buat kalian jangan takut mengonsumsi kembang kol karena banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil bila kamu mengonsumsi kembang kol ini.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini