“Mark Zuckerberg Mesti Berterima Kasih ke Indonesia”

by
April 8th, 2015 at 10:23 am

CiriCara.com – Pada bulan Oktober 2014, bos Facebook Mark Zuckerberg berkunjung ke Indonesia. Kunjungan kali ini teramat istimewa, sebab Mark, bertemu juga dengan Presiden baru Indonesia, Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi. Bahkan, usai pertemuan, mantan Wali Kota Solo ini, mengajak pemilik media sosial paling populer di dunia itu blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masih berpakaian lengkap jas dan dasi, Mark Zuckerberg blusukan bersama Jokowi ke pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Tapi seperti banyak diberitakan media-media, baik cetak maupun elektronik, bos Facebook ini terlihat senang diajak blusukan, meski harus menguras keringat.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg – Ist

Namun memang Indonesia sendiri, adalah negara yang istimewa bagi Facebook. Pengguna Facebook di Indonesia, sangat melimpah, bahkan tercatat sebagai negara terbesar pengguna Facebook. Dan, sudah sepantasnya pula Mark Zuckerberg, berterima kasih kepada Indonesia, karena media sosial hasil racikannya sangat digemari di negeri berjuluk zamrud khatulistiwa tersebut.

Kenapa Mark si bos Facebook wajib berterima kasih kepada Indonesia? Lihat saja, hasil penelitian yang dilakukan Webershandwick, sebuah perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, mencatatkan bahwa di Indonesia ada sekitar 65 juta Facebooker atau pengguna Facebook. Ini pengguna aktif lho.

Masih menurut data Webershandwick, dari 65 juta pengguuna Facebook, sebanyak 33 juta facebooker diantaranya adalah pengguna aktif yang facebook-an tiap hari. Dan, masih menurut data Webershandwick, sebanyak 55 juta dari 65 juta pengguna Facebook di Indonesia, adalah pengguna aktif yang mengakses media sosial buatan Mark Zuckerberg lewat perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet per bulannya.

Webershandwick dalam datanya juga mencatatkan, sekitar 28 juta pengguna aktif Facebook, mengakses Facebook via handphone tiap harinya. Wuuihh, artinya ada 28 juta orang Indonesia yang berfacebook-kan tiap harinya.

Bagaimana dengan penggunaan Twitter yang bisa dikatakan adalah media sosial pesaing Facebook. Beberapa waktu yang lalu PT Bakrie Telecom pernah melansir sebuah data yang menyebutkan bahwa pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta orang. Masih menurut PT Bakrie Telecom, jumlah total pengguna Twitter di seluruh dunia mencapai 500 juta pengguna.

Sementara pengguna media sosial lainnya seperti Path, jumlahnya meski terus naik, belum sebanyak Facebook dan Twitter. Pengguna Path di Indonesia, menurut data PT Bakrie Telecom baru mencapai 700 ribu orang. Sedangkan, pengguna LINE, tercatat sudah menembus angka 10 juta pengguna. Dan, pemakai jejaring Linkedlin baru mencapai 1 juta pengguna.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini