Tips Menyiapkan Sarapan yang Praktis

by
April 8th, 2015 at 2:28 pm

CiriCara.com – Terkadang akibat rasa lelah yang berlebihan setelah beraktivitas orang-orang cendrung ingin memiliki waktu tidur lebih lama. Itu sebabnya ketika di pagi hari kebanyakan memilih mengulur-ulur waktu untuk bangun tidur. Waktu yang dimiliki tiap pagi pun terasa begitu singkat, sekedar untuk mandi, dandan dan mempersiapkan penampilan menuju kantor atau sekolah. Sehingga hampir selalu melewatkan sarapan. Keseringan melewatkan sarapan hingga perut menjadi terbiasa kosong setiap pagi hari. Padahal kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup.

tips kesehatan, sarapan, makan pagi, cara mengusir lelah pada tubuh, lelah, tubuh lelah

Sarapan – Ist

Sarapan adalah bekal amunisi bagi tubuh manusia untuk menjalani aktivitas seharian. Para ahli gizi menyatakan bahwa sarapan sehat adalah makan dan minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi seharian yang idealnya harus dilakukan sebelum pukul 09.00 pagi. Hal ini dikarenakan tubuh manusia baik itu anak-anak atau dewasa membutuhkan penambahan energi setelah berpuasa selama 8 hingga 10 jam pada saat tidur. Kebiasaan sarapan sehat setiap hari dapat membantu otak untuk fokus dalam belajar atau bekerja.

Menurut Ketua Umum PERGIZI PANGAN  Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS., menyatakan bahwa sarapan sehat bisa menjaga seseorang tetap semangat dan bertenaga dalam mengawali hari. Pada pagi hari fisiologi tubuh dalam penggunaan zat besi mengalami penurunan dan puncak penurunan terjadi menjelang pukul 09.00 pagi. Hal itu akan memungkinkan seseorang mengalami pusing.

Sebenarnya tidak sulit dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkan sarapan sehat. Berikut menu sarapan bergizi yang dapat kamu konsumsi. Ingat, jangan melewatkan sarapan ya.

- Buah segar

Memakan buah sebagai sarapan sangat dianjurkan. Selain penuh nutrisi, kandungan vitamin serta mineral yang terdapat di dalam buah dapat menjegah kamu dari rasa mengantuk dalam menjalankan aktivitas seharian.

- Minuman hangat

Minuman yang cocok dijadikan sarapan adalah minuman hangat yang memberi efek rileks pada tubuh. Ketika mengawali hari lebih baik kamu meminum cokelat hangat dari pada kopi atau teh. Agar perut tidak ‘kaget’ setelah kosong semalaman.

- Sereal

Tentukanlah pilihan pada roti gandum, oautmeal atau beras merah. Bahan tersebut memiliki kadar karbohidrat yang baik untuk asupan tubuh. Selain mudah dicerna, juga bisa memberi rasa kenyang yang lebih tahan lama.

- Susu dan telur

Seduhlah susu dan telur dengan air panas. Minuman ini kaya akan nutrisi sehingga membuat perut merasakan kenyang yang lebih awet. Sebutir telur dapat melengkapi kebutuhan protein dan lemak untuk menunjang aktivitas di pagi hari.

Penulis: Rona Sihaan

Comment di sini