6 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

by
April 9th, 2015 at 4:06 pm

CiriCara.com – Sirih merah atau Piper crocatum atau istilah Tegalnya Sirih Amerika merupakan tanaman obat dan biasanya pada acara tertentu sirih merah ini digunakan sebagai pelengkap atau aksesoris pada acara di keraton-keraton yang digunakan untuk menghaluskan kulit sang putri raja. Seiring dengan penelitian beberapa pakar, bahwa sirih merah ini mengandung banyak zat seperti polivenol, flavonoid, alkaloid, minyak atsirih, tannin, sapononin, allyprokatekol, eugenol, karvokol, cineole, p-cymene, kadimen, coryfelen, ekstragol, propoda dan terpenana, serta beberapa senyawa yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Daun Sirih Merah

Daun Sirih Merah – Ist

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa ternyata sirih merah mempunyai beberapa khasiat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti:

  1. Anti batuk. Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi batuk, caranya sangat mudah sediakan 4 atau 5 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas ditambah dengan madu secukupnya. Irislah daun sirih kemudian rebus bersama daun bidara upas tersebut dicampur dengan air dan masaklah hingga mendidih, lalu dinginkan. Setelah dingin ditambah madu sesukanya. Selanjutkan ramuan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur, usahakan menjangkau daerah kerongkongan.
  2. Pengurangan produksi ASI. Produksi ASI yang berlebihan tentulah tidak bagus bahkan mubazir, mengatasinya dengan cara menggunakan daun sirih merah ini. Ambilah 5 lembar daun sirih merah kemudian olesi dengan minyak kelapa, setelah itu panggang diatas api, tetapi jangan sampai hangus terbakar. Dan dalam keadaan masih hangat, maka daun sirih merah tersebut ditempelkan di sekitar payudaranya.
  3. Anti penyakit jantung. Daun sirih merah dapat mengatasi penyakit jantung. Caranya ambil 4 lembar daun sirih merah, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan-bahan tersebut diuleg/ditumbug sampai menjadi halus banget, ditambah juga dengan 5 sendok air panas, biarkan beberapa menit, selanjutnya diperas dan disaring. Setelah itu ramuan tersebut diminumkan 2 kali 1 hari dan secara terus menerus.
  4. Anti sifilis. Daun sirih merah ternyata dapat mengobati penyakit sifilis, ambil 30 lembar daun sirih merah sekaligus tangkainya, ¼ kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Kesemuanya bahan-bahan tadi direbus dengan 2 liter air dimasak sampai mendidih banget. Kemudian disaring, kemudian ramuan tersebut diminumkan 3 kali 1 hari secara kontinyu.
  5. Anti Diare. Diare salah satu penyakit yang membuat kita bolak-balik ke kamar mandi. Apabila terkena diaerah maka cukuplah dengan meramu sirih merah menjadi obatnya. Caranya ambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Bahan-bahan tersebut diuleg/ditumbuk sampai lembut banget, setelah itu maka gosokan pada perut si penderita diare.
  6. Anti gusi berdarah dan gigi berlubang. Gusi berdarah dan gigi berlubang sangat umum diderita oleh siapa saja yang mempunyai gigi (kecuali bagi yang ompong). Solusinya dengan daun sirih merah tersebut, caranya ambil 4 atau 5 daun sirih merah kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih, setelah menjadi dingin maka berkumur-kumurlah, dan lakukan berulang-ulang sampai sembuh (biasanya penulis lakukan daun sirih merah ditambah dengan akar siwak, dicampur dalam satu gelas kemudian isikan air dalam gelas tersebut ½ gelas saja, tunggu dingin kemudian dikumur-kumur)

Demikian tentang manfaat daun sirih merah yang berguna bagi kesehatan.

*Dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

Comment di sini