7 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

by
April 9th, 2015 at 11:03 am

CiriCara.com – Tumbuhan atau sayuran seledri merupakan tanaman yang rendah kalori dengan 1 cangkir jus seledri segar apabila dihasilkan dari 4 cangkir seledri cingcang mentah maka akan memperoleh sebanyak 65 kalori, dan apabila kurang dari 0,7 gram lemak atau hampir sama dengan 2,8 gram protein. Hal tersebut akan membuat jus seledri menjadi pilihan utama sayuran yang baik. Dan jumlah yang direkomendarikan untuk pria atau wanita dengan 3,5 sampai dengan 5 cangkir jus seledari yang harus diminumnya.

Daun Seledri

Daun Seledri – Ist

Tanaman selederi disamping sebagai sahabat bagi ibu rumah tangga di dapur, karena sebagai campuran penyedap pada masakan berkuah dan memiliki aroma yang khas apalagi bila ada pada masakan seperti sop daging. Kadang juga seledri dijadikan untuk mempercantik tampilan masakan disaat penyajiannya. Disamping sebagai percantikan tampilan masakan atau campuran pada masakan berkuah, ternyata seledri mempunyai manfaat yang luar biasa, dan tidak semua orang dapat mengetahuinya, seperti contoh berikut:

  1. Sebagai tanaman herbal. Sebagai tanaman herbal yang rendah kalori, daunnya hanya berisi 16 kalori per 100 gram dan mengandung serat yang tidak larut dalam air, dan bila dicampur dengan bahan lain maka fungsinya akan menurunkan berat dan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Sebagai antioksidan flavonoid. Kandungan seledri terdapat zea xanthin, beta karoten, lutein yang mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh dari peningkatan imunitas dan mencegah penyakit kanker.
  3. Vitamin A yang baik. Dengan beta dan karoten yang merupakan antioksidan alami maka seledri dapat menjaga selaput lendir, mata dan kulit agar sehat.
  4. Mengandung asam folat seperti niasin, riboflavin dan vitamin C, sangat penting untuk metabolisme agar bertambah normal.
  5. Minyak atsiri yang yang terkandung dalam daun seledri dapat digunakan sebagai obat dalam rangka menenangkan kondisi seseorang yang terkadang gugup dan osteoarthritis.
  6. Biji dan akar tanaman seledri mempunyai sifat diuretik yaitu untuk membuang kelebihan air dalam tubuh melalui urine)
  7. Pencegahan tumbuhan sel tumor. Kandungan dalam seledri terdapat acetylenic dan phenolic yang bisa mencegah munculnya sel tumor dalam tubuh, dua sel ini menekan aktivitas prostaglandins yang memicu tumbuhnya sel tumor.

Demikian 7 manfaat tanaman seledri bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini