Cadangan Minyak Indonesia Akan Habis Dalam 18 Tahun

by
April 9th, 2015 at 4:15 pm

CiriCara.com – Ini bukan fakta unik, tapi ini adalah fakta yang harus jadi perhatian kita semua, karena menyangkut masa depan Indonesia, negeri yang kita cintai. Fakta yang hendak saya ceritakan ini, adalah tentang cadangan minyak bumi kita.

minyak bumi

Ist

Seperti diketahui, bicara tentang minyak bumi, tak bisa dilepaskan dari Bahan Bakar Minyak atau BBM. Nah, soal BBM, publik di negeri ini sedang dipusingkan dengan tak pastinya harga BBM. Baru-baru ini, pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi, kembali menaikan harga BBM, khususnya jenis bensin premium. Padahal, belum lama juga pemerintah sempat menurunkannya, setelah sebelumnya menaikan harga. Tak pelak, naik turunnya harga BBM, membuat rakyat bingung. Sementara dampak kenaikan BBM, tak bisa dihindari, langsung ikut mengerek harga-harga kebutuhan pokok.

Sudah bukan rahasia lagi, bila harga kebutuhan pokok sudah naik, sulit untuk turun lagi. Belum lagi ongkos angkutan juga ikut-ikutan merangkak naik. Maka, dengan kenaikan harga BBM, rakyat, terutama mereka yang berpenghasilan pas-pasan benar-benar terpukul. Biaya hidup otomatis naik. Hidup pun kian sulit lagi. Benar-benar kenaikan BBM yang susah adalah rakyat jelata.

Lalu sebenarnya, berapa sih cadangan minyak bumi yang kita miliki? Sebab, Indonesia sendiri selalu dikatakan kaya akan sumber daya alam. Dan, sejarah pernah mencatatkan, Indonesia sempat bergelimang devisa dari minyak. Ya, Indonesia, di era Soeharto, pernah mencicipi manisnya booming minyak. Bahkan, Indonesia kala itu sampai bisa mengekspor minyak ke luar negeri. Karena itu Indonesia tercatat sebagai salah satu anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries atau OPEC, organisasi dari negara-negara pengekspor minyak.

Tapi kini, situasi berbalik. Masa keemasan booming minyak telah lewat. Indonesia, bahkan tercatat sebagai negara pengimpor minyak. Dan soal minyak pula, negeri ini selalu gaduh, kala harga BBM dinaikan. Demo dimana-mana terjadi, yang acapkali disertai dengan aksi anarkis.

Di Majalah Tempo, terbitan 12-18 Agustus 2013, saya menemukan sebuah ulasan tentang seberapa besar cadangan minyak kita. Dijelaskan, seberapa lama cadangan minyak yang kita miliki akan habis. Disebutkan bahwa cadangan minyak kita hanya 9 miliar barel. Data tersebut dikutip dari data yang dilansir oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau Kementerian ESDM pada 2013.

Nah, dengan cadangan 9 miliar barel tersebut, diperkirakan deposit minyak berbahan fosil yang dimiliki Indonesia itu akan habis selama 18 tahun, tapi dengan catatan laju produksi rata-rata 500 juta barel per tahun. Jadi ini sebuah isyarat, agar negeri ini tak boros energi dan segera harus menyediakan energi terbarukan. Indonesia punya potensi. Energi matahari, potensinya melimpah, pun energi angin. Tinggal komitmen serta political will. Jika tidak, kita akan jadi negara yang benar-benar disuapi negara luar soal energi.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini