Hingga Januari 2015, Terjadi 246 Kejadian Bencana

by
April 9th, 2015 at 1:44 pm

CiriCara.com – Bencana silih berganti melanda Indonesia. Bisa dikatakan, becana tiada henti mendera negeri berjuluk zamrud khatulistiwa tersebut. Becana yang terjadi, mulai dari puting beliung, longsor, banjir, kapal tenggelam, hingga letusan gunung berapi. Korban meninggal pun sudah banyak. Pun korban luka baik berat maupun ringan. Belum lagi, dampak kerusakan fisik, seperti robohnya rumah, sekolah, tempat ibadah, rusaknya sawah, jalan rusak, hingga putusnya jembatan.

banjir

Kondisi rumah yang diterjang banjir bandang di Banjarnegara – Ist/rri.co.id

Mengutip data yang dilansir Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau biasa disingkat BNPB, yang saya kutip dari situs resminya bnpb.go.id, sampai bulan Januari 2015, data bencana yang tercatat adalah sebanyak 246 kejadian. Itu adalah data sampai Januari 2015. Sebab setelah Januari, bencana masih datang bertubi melanda beberapa wilayah Indonesia. Misalnya kejadian longsor di Sukabumi, Jawa Barat, yang terjadi baru-baru. Dilaporkan 12 orang meninggal dalam kejadian longsor di Sukabumi.

Yang terbaru adalah banjir di Kabupaten Bandung yang dikabarkan telah membuat sebagian wilayah di kabupaten yang ada di Jawa Barat itu terkepung oleh banjir. Sebelumnya juga terjadi banjir bandang di Pasuruan, Jawa Timur. Bahkan beberapa hari yang lalu, saya membaca berita yang dimuat sebuah situs berita, terjadi banjir dengan ketinggian 1 meter lebih yang melanda daerah Rancaekek, Jawa Barat. Akibat banjir tersebut, jalan yang menghubungkan Bandung dengan Garut lumpuh berjam-jam. Lumpuhnya jalan membuat banyak kendaraan terjebak di jalur itu, terparkir tanpa bisa berjalan hingga puluhan kilometer panjangnya.

Kembali ke data yang dilansir BNPB. Dari jumlah bencana sebanyak 246 kejadian sampai Januari 2015, korban meninggal atau hilang nyawa yang tercatat adalah sebanyak 32 orang. Sementara korban menderita atau kemudian terpaksa menjadi pengungsi tercatat sebanyak 204.928 jiwa. Badan penanggulangan bencana juga mencatat 246 bencana yang terjadi hingga Januari 2015, telah mengakibatkan sebanya 2.568 unit rumah atau pemukiman rusak.

Ini tentunya harus jadi perhatian bersama, baik pemerintah maupun semua elemen masyarakat. Karena kecenderungannya, intensitas bencana kian tinggi. Saat musim hujan tiba misalnya, intensitas banjir kian tinggi. Skalanya pun makin luas. Banjir yang mengepung wilayah Kabupaten Bandung, atau Jakarta, adalah salah satu contohnya. Begitu juga dengan bencana longsor daya rusaknya kian membuat kita bergidik. Contohnya longsor yang terjadi di Banjarnegara dengan jumlah korban yang cukup banyak. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Pak Sutopo Purwo Nugroho, banyak bencana terjadi karena ulah manusia yang tak arif memperlakukan alam lingkungannya.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini