Remunerasi Bagi Pegawai Negeri Sipil

by
April 9th, 2015 at 1:51 pm

CiriCara.com – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Remunerasi berarti pemberian hadiah (penghargaan atas jasa dan lain sebagainya), imbalan atau tunjangan kinerja. Hingga disebutkan bahwa Remunerasi merupakan total kompensasi yang diberikan kepada pegawai sebagai imbalan dari jasa yang telah dikerjakannya. Biasanya bentuknya berupa penghargaan dalam bentuk uang (monetary rewards) atau dapat diartikan sebagai upah atau gaji. Pemberian semacam tunjangan kinerja ini tertuang dalam Peraturan Presiden dan pada lampirannya kita bisa melihat besarannya atau grade-nya pada lampiran tersebut.

PNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) – Ist

Pada bulan Desember yang telah berlalu Presiden telah menandatangani pemberian secara ikhlas remunerasi kepada 20 instansi pemerintah, tetapi besarannya akan dinaikan kembali, tetapi belum ada kejelasan yang pasti tentang informasi tersebut, karena dengan pemberian remunerasi akan membebani anggaran negara.

Remunerasi sebenarnya mengandung dua unsur, yaitu kompensasi dan komisi (bonus)

  • Kompensasi. Merupakan semua yang diterima baik non-fisik atau fisik dan wajib dihitung dan diberikan kepada seseorang yang merupakan obyek yang dikecualikan dari pajak pendapatan.
  • Komisi (bonus). Merupakan suatu imbalan kepada tenaga kerja yang berupa persentase keuntungan dari jasa atau produk yang terjual atau dihasilkan, sebagai penghargaan dari hasil jasa atau penjualan tersebut. Seseorang bisa memperoleh komisi sebagai imbalan selain gaji tetapnya atau hanya jika si pegawai tersebut berhasil menjual sesuatu tanpa menerima gaji.

Besaran kompensasi dan komisi sangatlah tergantung pada struktur dan tradisi ekonomi suatu daerah ekonomi pada daerah tertentu. Pada intinya bahwa kompensasi dan komisi merupakan tujuan yang sama adalah memberikan dorongan kepada pegawai agar giat bekerja atau semaksimal mungkin meningkatkan prestasi kerja yang seefisien dan efektifitas produksi sehingga akan tercapai sasaran-sasaran organisasi.

Pentahapanya

Pentahapan pemberian Remunierasi diawali dengan pengumpulan data sampai dengan tahap legislasi (penerbitan undang-undang), seperti:

  • Penganalisaan jabatan
  • Pengumpulan data
  • Penyusunan struktur gaji baru (grading)
  • Penentuan harga jabatan (job princing)
  • Pengusulan peringkat jabatan kepada Presiden
  • Pengevaluasian jabatan

Prinsip dasar kebijakan Remunerasi

Prinsip-prinsip dasar kebijakan Remunerasi adalah bersifat adil dan proporsional, yang berarti bahwa apabila kebijakan masa lalu menerapkan pola generalisir, sehingga akan dikenal dengan sebutan PBPS (Pintar Bodoh Penghasilan Sama), maka dengan kebijakan Remunerasi ini, maka besar penghasilan (reward) yang diterimakan oleh seorang pegawai atau pejabat akan ditentukan oleh bobot dan harga jabatan yang dipegangnya.

Penulis: MasArif

Comment di sini