4 Makhluk Mitos di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

by
April 10th, 2015 at 1:50 pm

CiriCara.com – Mungkin sebagian kamu tentu tahu mengenai apa itu mitos. Mitos ialah hal-hal yang dianggap misteri yang diyakini oleh sebagian masyarakat maupun di daerah lain. Bicara masalah mitos memang ada sebagian daerah yang tidak begitu kental dengan budayanya dan juga ada sebagian daerah yang sangat kental dengan budayanya, salah satunya ialah Indonesia.

Di Indonesia sendiri memang ada sebagian daerahnya memiliki budanya yang kental. Hal inilah yang menjadikan bahwa masyarakat Indonesia juga begitu banyak mempercayai akan adanya mitos ataupun kepercayaan mistis di daerah tersebut. Dalam membahas mitos ini, kali ini akan memaparkan mitos mengenai jelmaan makhluk aneh yang ada di Indonesia.

1. Naga Besukih

Kali ini akan membahas mitos yang pertama yang ada di daerah Bali. Makhluk mitos itu disebut sebagai makhluk naga yang kabarnya memang dipercayai oleh masyarakat Bali. Tinggal di kawah gunung Agung yang ada di daerah Bali terdapat penghuni naga yang bersemayam di tempat tersebut. Memang area di kawah gunung agung tepatnya di daerah Bali menjadi tempat sangat agung untuk masyarakat Hindu. Naga ini dinamai naga Besukih, Naga Besukih memang terkenal dengan kesaktiannya serta banyak kelebihannya. Kelebihan dari Naga Besukih terletak pada sisiknya. Mitos yang beredar ialah apabila sisik pada naga Besukih ini rontok maka sisik itu akan berubah menjadi berlian dan emas.

Ilustrasi Naga Besukih

Ceritanya pada zaman dahulu kala muncul seorang yang bernama Sidhimantra yang merupakan tokoh di daerah Bali tersebut.  Sidhimantra diyakini memiliki kesaktian juga terlibat dalam membentuk Selat Bali. Dalam membentuk Selat Bali itu, Sidhimantra meminta saran serta bantuan kepada Naga Besukih agar ia bisa menjadi kaya serta dapat melunasi hutangnya.

Comment di sini