5 Jenis Makanan/Minuman yang Memperpendek Umur

by
April 10th, 2015 at 10:34 am

CiriCara.com – Semua orang tentu ingin hidup sehat, bebas dari segala penyakit, dan tentunya bisa panjang umur. Bisa melihat anak tumbuh dewasa, punya cucu, bahkan sampai punya cicit. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa panjang umur?

makan

Ist

Anda tentu harus menerapkan gaya hidup sehat agar tetap panjang umur. Mulai dari melakukan olahraga rutin setiap hari, sampai menjaga pola makan yang sehat. Tentunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat pula.

Buat Anda yang suka makan atau minum tanpa memperhatikan efek buruknya untuk tubuh, sebaiknya mulai sekarang harus berhati-hati. Pasalnya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memperpendek umur.

Apa saja?

1. Soda

Anda suka dengan minuman bersoda? Sebaiknya mulai kurangi dari sekarang. Pasalnya menurut hasil riset yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health, mengonsumsi 20 ons soda akan membuat Anda tampak 4,6 tahun lebih tua. Selain itu, Anda yang minum diet soda setiap hari juga diketahui lebih berisiko terkena diabetes tipe 2. Meskipun Anda mengonsumsi soda dalam jumlah sedikit, hal itu tetap akan berpengaruh.

2. Daging olahan

Anda suka mengonsumsi daging olahan seperti hotdog dan pepperoni? Ternyata daging olahan punya dampak yang tidak bagus lho buat kesehatan. Pasalnya para peneliti menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi daging olahan itu berisiko merusak telomer. Telomer adalah bagian paling ujung DNA yang bertugas meremajakan sel tubuh. Jika telomer rusak, maka otomatis akan terjadi penuaan.

3. Daging merah

Makanan yang satu ini juga diketahui bisa memperpendek telomer alias memicu terjadinya penuaan. Hal ini diketahui dari hasil riset para peneliti di Clinical Nutrition. Selain itu, daging merah juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker. Daging merah biasanya ada di dalam hamburger dan steak. Jika ingin sehat, jangan terlalu sering makan daging merah.

4. Alkohol

Sebuah penelitian yang dijabarkan dalam American Association for Cancer Research Annual Meeting pada 2010, menemukan bahwa alkohol bisa memperpendek telomer. Selain itu, alkohol juga bisa membuat seseorang hilang kesadaran. Jika dia minum alkohol lalu mengemudi, maka hal ini tentu akan mengancam nyawanya.

5. Gula

Rasa manis pada gula bisa membuat kita ketagihan. Namun, dibalik rasa manisnya itu gula menyimpan sebuah bahaya, yakni risiko terjadinya gagal jantung. Pasalnya kandungan glukosa 6-fosfat pada gula bisa merusak jantung dan juga otot-oto jantung yang memicu gagal jantung. Selain itu gula juga mempercepat proses penuaan sel, termasuk sel otak.

Demikian beberapa jenis makanan/minuman yang bisa memperpendek umur kita. Untuk Anda yang tidak bisa meninggalkan makanan/minuman tersebut, ada baiknya mulai menguranginya dari sekarang. Jangan terlalu banyak mengonsumsinya jika ingin panjang umur. Semoga bermanfaat!!

(YG)

Comment di sini