5 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

by
April 10th, 2015 at 9:09 am

CiriCara.com – Daun salam atau bahasa asingnya Syzyqium Polyanthum merupakan tumbuhan remah yang digunakan sebagai penyedap dan pengharum masakan juga sekaligus menambah cita rasa pada masakan apa saja, tidak saja sebagai penyedap rasa akan tetapi dapat  juga dijadikan penawar tradisional untuk pencegahan sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit yang mengindap di tubuh.

Daun Salam

Daun Salam – Ist

Kandungan yang terdapat dalam daun salam diantaranya beberapa vitamin dan mineral, hingga saat ini ada sebagian orang yang belum mengerti tentang kemanfaatan daun salam selain untuk penyedap masakan. Kamu juga belum tahu? Ok deh, berikut ada penjelasan manfaat daun salam selain buat masakan. Check this out!

  1. Daun salam untuk pencernaan. Selain untuk penyedap masakan dapat juga menjaga kesehatan pencernaan, karena kandungan dalam daun salam mengandung vitamin dan mineral yang cukup melimpah sehingga daun salam dikatakan mampu mengatasi sembelit, diare dan masalah pencernaan lainnya. Caranya cukup diminumkan air rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam saat kita mengalami gangguan pencernaan.
  2. Untuk pencegahan hipertensi. Kandungan mineral yang terdapat pada daun salam akan membuat peredaran darah kita semakin lancar sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi yang akut, caranya adalah minum rebusan daun salam yang dicampur dengan daun sambiloto.
  3. Anti asam urat.  Penyakit persendian dapat juga diatasi dengan daun salam terutama bagi orang yang sudah lanjut usia. Caranya daun salam direbus kemudian air rebusannya diminumkan.
  4. Daun salam untuk penyakit mata. Daun salam ternyata dapat digunakan untuk mengobati sakit mata dengan cara daun salam direbus dan dinginkan kemudian rebusan daun salam diusapkan pada mata yang sakit secara perlahan-lahan dilakukan terus-menerus hingga sembuh.
  5. Daun salam untuk kolesterol. Kolesterol sangat berguna bagi tubuh, tetapi bila berlebihan akan menimbulkan masalah yang luar biasa, dan untuk mengatasi kolesterol yang jahat, maka gunakanlah secara alami dengan daun salam yang masih segar. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun salam secara rutin tiap hari atau dua kali sehari.

Manfaat rebusan air salam yang diminum setiap hari sangat berguna dalam menjaga kesehatan, namun perlu diketahui bahwa air rebusan daun salam hanya bisa digunakan sekali saja, dan jangan direbus beberapa kali karena dapat mengurangi mineral-mineral yang terdapat pada kandungan daun salam. Bila kita meminumnya setiap hari dengan tanaman daun salam niscaya kesehatan kita akan terjaga, Semoga tulisan ini bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini