7 Hal Istimewa dalam UN Tahun Ini

by
April 10th, 2015 at 11:15 am

CiriCara.com – Bagi kamu yang akan mengadapi Ujian Nasional (UN) tahun ini, jangan takut. Nilai UN tidak menentukan lulus atau tidaknya kamu. Setiap siswa yang mengikuti UN akan memperoleh Sertifikat Hasil UN (SHUN), tanpa dipengaruhi oleh nilai. Berikut beberapa keistimewaan UN lainnya.

un 2014

Ujian Nasional (UN) – Ist

- Hanya Evaluasi

Kenapa pemerintah tetap menerapkan UN? Karena, ini salah satu cara untuk mengetahui kemampuan anak-anak Indonesia. Hasil UN menunjukkan seberapa jauh keberhasilan sistem pendidikan di Indonesia.  Jika kamu menjalani UN dengan jujur dan berusaha semaksimal mungkin, berarti kamu membantu pemerintah untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia ke depannya.

- Tetap Terima Sertifikat

Berapapun nilainya, sertifikat tetap bisa kamu dapatkan. Berdasarkan berita yang kami himpun dari kompas.com, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam, mengatakan sekolah tidak memiliki alasan untuk menahan SHUN.

- Kamu Berhak Memperbaiki Nilai

Memang, standar nilai UN tahun ini adalah 55 tapi bukan berarti jika kamu memperoleh nilai di bawah itu, kamu tidak lulus. Kamu juga tidak wajib mengulang seperti pada UN tahun-tahun sebelumnya. Namun, buat kamu yang ingin memperbaiki nilai bisa mengikui UN tahun selanjutnya.

- Kelulusan Ditentukan oleh Sekolah

Kelulusan kamu tidak ditentukan oleh nilai UN tetapi keputusan pihak sekolah. Nilai rapor dan ujian sekolah akan jadi pertimbangan kelulusan kamu.

- Tetap Bisa Masuk Universitas Negeri

Berapapun nilai UN, kamu tetap punya kesempatan untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Nilai UN hanya jadi pertimbangan saja bersama dengan indeks integritas sekolah kamu.

- Kamu Tetap Bisa Jujur

Hasil UN bukan hal yang menakutkan lagi buat kamu. Selama itu bukan penentu kelulusan, kenapa tidak kamu kerahkan kejujuran? Dengan begitu, kamu bisa tahu kemampuan diri kamu tanpa takut tidak lulus.

- Tetap Jadi yang Terbaik

Meskipun nilai UN tidak menentukan kelulusan dan kesempatan kamu untuk masuk universitas negeri, tetap lakukan yang terbaik ya. Siapa yang tidak bangga punya nilai UN bagus?

Semakin bagus nilai kamu, semakin besar peluang untuk diterima di berbagai universitas baik negeri maupun swasta. Nilai bagus juga memperbesar peluang kamu untuk mendapat beasiswa saat kuliah.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini