Apa itu Dermatitis (Eksim)?

by
April 10th, 2015 at 11:21 am

CiriCara.com – Eksim, Eksema atau dermatitis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan hebat sehingga menyebabkan pembentukan lepuh atau vesikel (gelembung kecil) pada kulit, sehingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan yang sangat khas (bening). Istilah eksim ini juga digunakan untuk sekelompok kondisi dimana sebagai penyebab perubahan pola pada kulit  dan akan menimbulkan spesifikasi pada permukaan kulit atau dalam bahasa Yunaninya yang bermakna ‘mengalir keluar atau mendidih’

eksim

Ist

Pada eksim (dermatitis) terdapat tipe-tipe yang terdiri dari beberapa jenis, seperti:

  • Dermatitis atopik, merupakan salah satu jenis eksim yang sering dijumpai dan penyakit ini jenis penyakit keturunan. Berawal dari bayi atau masih kanak-kanak dengan gejala-gejala radang kulit, gatal pada sebagian penderita sering timbul demam dan asma.
  • Dermatitis kontak.  Terdiri dari dua jenis alergik dan iritan. Pada alergik penyebabnya oleh adanya reaksi kekebalan yang tertunda, dan biasanya ada kontak dengan senyawa alergenik sehingga timbulnya radang kulit dalam waktu 48 jam setelah prosesi. Penyebab eksim jenis ini misalnya jelatang, pengawet kosmetik, parfum, metal dan  pewarna. Sedangkan dermatitis irian disebabkan karena adanya senyawa iritan yang merusakan kulit secara kimiawi contohnya: detergen, sabun keras dan aneka produk pembersih yang lain.  Senyawa iritan ini bisa menghilangkan kelembaban dan minyak dari lapisan terluar yang kemudian merusak lapisan pelindung sehingga menimbulkan peradangan.
  • Dermatitis  nummular. Adanya beberapa plak eksim yang berhubungan dengan kulit kering yang sering terjadi pada bagian luar dari kaki, lengan dan tangan.
  • Dermatitis statis. Merupakan jenis eksim kronis yang terjadi pada daerah kaki bagian dalam yang ada hubungannya dengan varises.

Gejala-gejala Dermatitis (Eksim)

Gejala utama timbulnya eksim bersifat ringan adalah daerah yang halus, sedikit memerah bersisik dan kering sehingga menimbulkan gatalnya atau tidak, sehingga sering terjadi pada daerah kaki atau lengan. Pada penderita eksim yang akut akan mengalami gatal-gatal yang luar biasa dan terus-menerus. Hal tersebut biasanya terjadi pada bagian depan siku, wajah dan belakang lutut. Akan tetapi daerah kulit yang selalu terpengaruhi dengan adanya eksim ini, menjadikan kulit sensitive terhadap kain gatal misalnya wol. Dan pada musim dingin akan menjadi lebih parah atau karena udara dalam ruangan yang sangat kering.

Faktor-faktor yang mempengaruhinya yang dapat memperburuk eksim adalah sejenis pasir, deterjen, debu, sabun, busa sabun, stress, gangguan emosi serta penggosokan disertai penggarukan, suhu lingkungan yang ekstrem (cuaca dingin dengan lembab, udara kering) alergi pada makanan seperti susu sapi, jeruk, kacang, telur, ikan dan gandum.

Pengobatan pada Dermatitis ini cukup dengan menggunakan krim steroid bila eksim tersebut akut atau antihistamin yang digunakan sebagai pencegahan dan mengontrol rasa gatal. Cara lain dalam pengobatan penyakit eksim tersebut dengan menggunakan kompres dingin, kortikosteroid dan fototerapi.

Demikian tentang Dermatitis atau Eksim, jenis-jenisnya serta cara pengobatanya. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Cara Alami Mengatasi Eksim

Comment di sini