Apa itu Keputihan?

by
April 10th, 2015 at 4:14 pm

CiriCara.com – Keputihan atau Fluor Albus adalah salah satu sekresi vaginal pada wanita. Asal muasal terjadinya keputihan biasanya pada vulva, servik uteri, vagina, korpus uteri dan tuba. Pada dasarnya keputihan dapat dikelompokan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

keputihan

Keputihan – Ist

Keputihan fisiologis merupakan terjadi pada setiap bulannya dan muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi atau dimasa subur. Sedangkan keputihan patologis disebabkan adanya suatu infeksi, dibarengi rasa gatal dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang menyebabkan timbulnya keputihan tersebut adalah virus, parasit atau jamur. Infeksi tersebut akan menjalar dan menyebabkan peradangan ke seluruh kecing sehingga akan mengakibatkan rasa pedih disaat penderita buang air kecil.

Gejala keputihan secara fisiologis yang telah dipaparkan tersebut sebenarnya tidak berwarna putih dan tidak cocok disebut dengan keputihan karena banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga sedikit atau banyaknya secret/cairan vagina sangat bergantung pada aktivitas siklus bulangan dan stress yang dapat menyebabkan siklus bulanan itu sendiri. Karakteristik gejala keputihan secara fisiologis, diantaranya adalah karena:

  • Cairannya sekresi berwarna bening, tidak encer dan lengket.
  • Seringnya tidak mengeluarkan bau yang menyengat
  • Hanya pada bayi perempuan yang baru lahir dan dalam waktu satu minggu sepuluh hari dari vaginanya akan mengeluarkan cairan akibat pengaruh hormonal yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.
  • Pada wanita yang belum menikah akan mengalami keputihan sebelum masa pubertas, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.
  • Keputihan normal tidak disertai dengan rasa gatal, dan keputihan juga dapat dialami oleh perempuan yang terlalu kecapekan sekaligus daya tahan tubuhnya juga lemah. Dan biasanya cairan tersebut berasal dari rahim atau vagina yang telah terinfeksi atau alat kelamin luar.
  • Pada wanita yang sedang hamil, sering munculnya keputihan disebabkan oleh kekebalan tubuhnya yang menurun.

Sedangkan karakteristik gejala keputihan secara abnormal (patologis), diantaranya adalah:

  • Biasanya mengeluarkan cairan berwarna putih pekat, kekuningan, kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan biasanya kental, lengket atau encer tetapi terkadang berbusa.
  • Biasanya cairannya mempunyai bau yang menyengat
  • Pada penderita tertentu, biasanya ada rasa gatal dan mengakibatkan iritasi pada vagina.
  • Merupakan salah satu karakteristik penyakit infeksi vagina yang berbahaya.

Demikian tentang keputihan serta karakteristik-karakteristiknya, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Cara Menghilangkan Masalah Keputihan

Comment di sini