Cara Nawar Ongkos Ojek

by
April 10th, 2015 at 4:01 pm

CiriCara.com – Ojek menjadi salah satu alat transportasi pilihan banyak orang. Selain tersedia dibanyak tempat, ojek juga dikenal sebagai alat transportasi yang cepat dan bebas macet. Tapi berapa yah ongkos naik ojek itu?

Pangkalan Ojek

Ist

Ongkos ojek sebenarnya berbeda-beda di setiap tempatnya, tergantung tujuan dan kemampuan kamu dalam menawar. Tawar menawar ini adalah bagian yang sangat penting, karena kalau kamu tidak menawar, kemungkinan besar kamu akan disuruh bayar mahal.

Berikut cara nawar ongkos ojek:

1. Bertanya ongkos di awal

Sebelum kamu naik, tanyakan dulu berapa ongkos yang diminta oleh tukang ojek ini. Setelah itu, kamu tawar dulu sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan naik jika kamu dan tukang ojek itu belum sepakat. Karena kebanyakan tukang ojek sering meminta ongkos lebih mahal jika sudah sampai di tempat tujuan.

2. Pilih tukang ojek yang mukanya bersahabat

Demi keamanan dan kenyamanan saat dalam proses tawar-menawar, ada baiknya kamu pilih tukang ojek yang kelihatannya bersahabat dan ramah. Jangan sampai kamu pilih tukang ojek yang jutek, karena biasanya lebih susah untuk ditawar.

3. Nawar sok tahu

Cara ini dilakukan agar tukang ojek itu mengira kamu sudah mengetahui tarifnya. Kamu hanya perlu bersikap biasa dan jangan tegang. Sekarang, kamu tinggal ikuti cara berikut ini:
Kamu: Bang… ke Monas yak?
Ojek: Monas? ayok..!
Kamu: Berapa?
Ojek: 40 ribu bos…
Kamu: mahal banget bang, biasanya juga 20 ribu… (padahal baru pertama naik ojek)
Ojek: 30 ribu deh…
Kamu: 25 ribu aja yak?
Ojek: Ya udah deh, ayok naik…
Wuzzz…..

4. Perbandingan harga

Cara paling gampang untuk mengetahui harga yang pas untuk ojek adalah melakukan perbandingan. Misalnya, jika ongkos taksi ke tempat tujuan bisa mencapai Rp 50 ribu, itu artinya ongkos tukang ojek berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu. Jangan asal menawar, karena bisa saja tukang ojek itu marah.

Itulah beberapa cara untuk menawar ongkos ojek yang mahal. Semoga cara tersebut bermanfaat untuk kamu yang belum berpengalaman naik ojek. Selamat mencoba dan semoga sukses!

(YG)

Artikel lainnya: Tukang Ojek Sukses Jadi DPR

Comment di sini