Cara Supaya Tidur Kamu Berkualitas

by
April 10th, 2015 at 4:23 pm

CiriCara.com – Masih banyak hal yang menyangkut bahkan memberatkan beban pikiran merupakan faktor utama yang membuat orang sulit untuk menikmati waktu tidurnya. Alhasil tidur pun menjadi tidak berkualitas, entah karena tiba-tiba terbangun waktu tidur, mengalami mimpi buruk, suhu ruang yang membuat badan terasa gerah atau gigitan nyamuk yang membuat kulit gatal dan akhirnya mengagalkan ‘konsentrasi’ kita untuk tidur karena teralihkan menggaruk kulit. Padahal memiliki tidur yang berkualitas sangat baik efeknya untuk kesehatan tubuh bahkan membuat pikiran kita lebih segar.

tidur dengan wajah bersih / Ist

tidur / Ist

Ini cara yang mudah untuk kamu lakukan supaya tidur kamu lebih nikmat dan kesehatan kamu pun tetap terjaga.

- Disiplin terhadap jadwal tidur malam

Menepati jadwal tidur yang telah kamu buat akan membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Bila terbangun di tengah tidur malam, usahakan untuk tetap bertahan di tempat tidur. Bila kamu usahakan untuk tidur kembali agar tak merusak waktu tidur.

- Miliki pola makan sehat

Perut yang lapar atau terlalu kenyang, maka akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu dapat membatasi minum sebelum tidur untuk menghindari terbangun ingin buang air kecil. Begitu pula dengan minuman yang mengandung kafein yang akan menghambat kualitas tidur kamu. hindari mengonsumsi makanan minimal 30-45 menit sebelum kamu tidur.

- Pancing rasa mengantukmu

Bagi kamu yang kesulitan untuk tidur malam hari, kamu dapat melakukan rutinitas sebelum tidur malam hari seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan dan sebaiknya lampu dalam keadaan redup. Kegiatan santai dapat membantu tidur yang lebih baik dengan mengurangi transisi antara sadar dan kantuk.

- Ciptakan kondisi kamar tidur yang nyaman

Buat ruang yang ideal untuk tidur, pertimbangkan untuk menggunakan kamar berwarna gelap, penyumbat telinga, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. kasur dan bantal juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik sehingga kebersihan dan kenyamanan ruangan tidur sangat diperlukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

- Jangan kelebihan waktu saat tidur siang

Tidur lama pada siang hari dapat mengganggu tidur malam, apalagi bagi yang mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk pada malam hari. Jika ingin tidur siang, batasi diri sekitar 10 sampai 30 menit.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini