Ini Pesan Menteri Pendidikan untuk Peserta UN

by
April 10th, 2015 at 8:50 am

CiriCara.com – Tidak terasa waktu memang begitu cepat dan memasuki bulan April ini akan ada Ujian Nasional. Memang terkadang Ujian Nasional (UN) menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pelajar di Indonesia. Bahkan Anies Baswedan pun yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan punya pesan baik untuk para pelajar SMA yang sebentar lagi akan menempuh ujian nasional.

Source: Kompas.com

Anies berpesan kepada pelajar bahwa sebelum masuk ujian nasional, pelajar diminta untuk istirahat pada malam hari. Lakukan kerja keras dengan baik dan sungguh-sungguh sampai hari Sabtu. Sebelum ujian nasional dipastikan punya waktu luang untuk istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting dilakukan agar para peserta ujian nasional khususnya pelajar bisa segar dan semangat dalam mengerjakan soal-soal ujian nasinal.

Anies pun menyarankan kepada pelajar agar menghindari belajar dengan sistem kebut semalam atau isitlah yang dikenal yakni SKS. Jika pelajar tersebut belajar dengan sistem kebut semalam maka dampaknya akan berakibat fatal bagi pelajarnya sendiri. Pesan Anies kalau pelajar melakukan sistem kebut semalam maka akan mudah kecapean pada pagi hari dan tidak bisa mengerjakan soal ujian nasional tersebut.

Anies yang juga dulu pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina, mengingatkan untuk kepada setiap sekolah tidak boleh ada kecurangan dalam ujian nasional ini. Kecurangan tersebut bisa diartikan seperti membocorkan soal ujian nasional kepada para pelajar. Tindakan yang seperti inilah yang akan merugikan kepada siswa untuk menjalani ujian nasional tersebut.

Anies mengungkapkan pihak sekolah tersebut tidak boleh untuk melakukan kecurangan dalam ujian nasional seperti membocorkan soal UN. Hal ini akan menyebabkan siswa akan sulit untuk masuk keperguruan tinggi dikarenakan nilai UN yang tidak sebanding dengan index integritas rendah yang didapatkan oleh siswa.

Ujian Nasional pada jenjang SMA dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 15 April 2015. Hal ini berdasarkan data dari Kemendikbud bahwa peserta ujian nasional pada tahun 2015 ini sebanyak 1.632.757 siswa.

Ujian yang diselenggarakan tahun sekarang memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun 2015 ini, ujian nasional bukanlah menjadi tolak ukur yang mutlak untuk kelulusan siswa yang sedang menghadapi UN. Walaupun bukan menjadi tolak ukur kelulusan, UN menjadi pengaruh untuk kelanjutan siswa dalam menempuh proses belajar ke jenjang perguruan tinggi.

Sumber: Liputan6.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel terkait: Jadwal Lengkap Ujian Nasional SMA, SMP, Sederajat

Comment di sini