Istilah Unik di Dunia Kuliner

by
April 10th, 2015 at 3:21 pm

CiriCara.com – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melampiaskan hobi. Namun, terkadang demi menguapkan hasrat tersebut dibutuhkan waktu yang cendrung kita ingin enggak hanya sebentar. Misalnya, ketika hobi traveling tentu kita ingin mempunyai waktu liburan yang cukup panjang. Jauh panggang dari api, apa daya kalau meminta ijin cuti pun belum dapat peresmian. Jadilah, demi hidup yang lebih seimbang dan kebahagian diri, ada orang yang mengalirkan hasrat travelingnya dengan membaca artikel tentang beragam tempat wisata. Lalu ia impikan kelak ketika pengajuan cuti sudah dalam genggaman, maka tempat-tempat wisata yang ia baca tersebut dapat dijamah.

Memasak / Sahabat Nestle

Memasak / Sahabat Nestle

Sama halnya mungkin dengan mereka yang hobi masak atau pencinta kuliner. Entah masak apapun itu, pasti membutuhkan waktu yang enggak singkat. Tapi apa mau dikata kalau mereka yang punya hobi itu juga memiliki tuntutan deadline kerjaan yang enggak main-main. Maka, akhrinya demi meraup kembali kesenangan yang seolah dirampas oleh tekanan kerjaan. Jadilah, salah satu cara yang mereka lakukakan, yaitu memanfaatkan waktu senggangnya untuk menonton tayangan yang berkaitan dengan hobinya. Entah itu, liputan wisata kuliner, bermacam kompetisi masak di berbagai stasiun teve atau menonton drama yang setting ceritanya lebih banyak di dunia dapur dan makanan.

Cukup sering menonton tayangan kuliner pasti membuat kamu penasaran dengan berbagai istilah khusus yang sering terdengar. Berikut penulis menambah khasanah pengetahuan kamu mengenai daftar istilah yang sering digunakan dunia kuliner serta maknanya, seperti yang dilansir oleh Majalah Reader’s Digest Indonesia.

- A LA MINUTE

Bukan bermaksud mengecewakan, namun tidak semua hidangan di restoran dibuat setelah kamu memesan. Berdasarkan pertimbangan efektivitas waktu. Beberapa hidangan bisa dibuat a la minute atau berdasarkan pesanan. Misalnya, steak. Setelah dipesan, daging dipotong, dipanggang, kemudian dihidangkan bersama saus yang juga baru diracik.

- MISE EN PLACE

Dalam bahasa Indonesia, berarti “semua sudah pada tempatnya,” merupakan syarat utama terciptanya sebuah hidangan dan meliputi segala bahan baku yang dibutuhkan untuk memasak hidangan tersebut.

- SOUS CHEF

Ini sebutan untuk orang kedua setelah chef (yang memiliki kewenangan terbesar di dapur). Sous chef menggantikan posisi chef ketika ia tidak sedang berada di tempat atau libur.

- ON A RAIL/ON THE FLY

Sesuatu yang dibutuhkan secepatnya. Misalnya, “tolong ambilkan tambahan salad untuk meda dua, on the rail!”

- CAMPERS

Istilah ini ditujukan kepada pelanggan atau sekelompok pelanggan yang menduduki meja speanjang malam. bahkan, mematikan lampu ketika restoran tutup sekalipun tidak mampu mengenyakan meraka.

- ALL DAY

Ini artinya adalah jumlah total. Jika meja delapan memesan dua nasi goreng dan meja 12 memesan empat nasi goreng, maka ada enam nasi goreng, all day. Istilah ini kerap digunakan supaya tidak ada pesanan yag tertinggal.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini