Tips Belajar Fisika, Kimia, dan Matematika

by
April 10th, 2015 at 3:06 pm

CiriCara.comUN tahun ini memang tidak jadi penentu kelulusan kamu. Namun, tidak ada salahnya belajar ekstra agar memperoleh nilai maksimal. Kalau nilai kamu bagus, selain bangga, peluang diterima universitas baik negeri atau swasta juga lebih besar. Selain itu, kamu bisa berpeluang dapat beasiswa.

Belajar / Ist.

Belajar / Ist.

Berikut beberapa tips menghadapi soal yang perlu perhatian ekstra.

- Fisika

Wah, kalau yang ini soal akan dipenuhi rumus-rumus. Tenang dulu. Kamu tetap bisa menguasainya dengan cara unik. Siapkan spidol warna dan A4 beberapa lembar. Potong kertas secara membujur jadi dua atau tiga bagian. Setiap kertas, kamu lipat seperti membentuk tangga agar mudah kamu buka dalam sekali tarik.

Tulislah rumus-rumus dari buku Fisika Kamu. Gunakan warna tertentu untuk rumusnya, dan warna lain untuk hasilnya. Misal, pada rumus kecepatan, tulis V dengan warna hijau, S/t dalam warna biru. Untuk tanda =, tulis warna hitam, begitu juga dengan keterangan simbolnya.

Tulis rumus, keterangan, atau bagian apa saja yang sulit kamu ingat dengan warna merah. Ini adalah warna yang paling cepat menarik perhatian (mencolok) sehingga saat kamu membuka lembaran tertentu akan langsung tertuju pada warna merah itu. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, tulisan dengan warna merah di antara warna  lainnya akan mudah diingat.

Tulis rumus sesingkat mungkin dengan ukuran kertas yang mudah kamu bawa ke mana-mana. Saat sedang senggang atau menunggu sesuatu kamu bisa membukanya. Dengan begitu, kamu jadi gampang deh mengingat rumus fisika.

- Kimia

Matapelajaran ini juga perlu perhatian ekstra ya karena banyak istilah zat kimia yang harus diingat di tabel periodik. Coba deh temukan cara-cara unik yang kamu sukai untuk menghapal. Misalnya, jembatan keledai yang gokil. Salah satunya penulis ambil dari akun facebook Ekspresi Bebas nih.

Untuk unsur kimia golongan 1A (alkali) terdiri dari H (Hidrogen), Li (Litium), Na (Natrium), K (Kalium), Rb (Rubidium), Cs (Sesium), dan Fr (Fransium). Jembatan keledai yang gokil bisa jadi “Hai LiNa Kau Rebut Calon Suami Fransiska”, “Hari Libur Nanti Kita Rbut Celana Si Feri,” atau “Hai LiNa Kau Rebut Cinta Suci Fredy.”

- Matematika

Bidang yang satu ini sering dianggap sulit ya. Coba deh latih diri kamu untuk menganggap matematika itu mudah dan belajarnya bisa lancar. Kekuatan pikiran bisa mempengaruhi proses belajar kamu. Kalau kamu yakin, kamu akan berhasil. Kamu pun tidak keberatan kalau harus beberapa kali mengulang pelajaran. Latihan soal bisa jadi cara yang ampuh untuk sukses menghadapi soal matematika.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini