8 Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan

by
April 13th, 2015 at 11:09 am

CiriCara.com – Daun gedi atau nama Latinnya Abelmoschus Manihot L adalah tanamaan golongan sayuran dan biasanya untuk mencampur masakan bubur Manado dan yang sering ditemukan di daerah Papua, juga di daerah kepulauan Pasifik. Pada umumnya jenis tanaman tersebut digunakan sebagai masakan dengan cara menumis ke dalam wajan bersamaan dengan suing bawang putih, sehingga bubur Manado menjadi lezat tiada tara.

Daun Gedi

Daun Gedi – Ist/Food Detik

Disamping itu pula, Daun Gedi dikatakan banyak manfaat karena memiliki beberapa kandungan pada daun tersebut, diantaranya adalah:

  1. Kaya vitamin A dan Protein. Dibandingkan dengan bayam bahwa daun gedi sarat dengan vitamin A dan protein yang berlipat ganda, sehingga kita dapat memanfaatkan daun gedi untuk terapi kesehatan.
  2. Mengandung vitamin C. Kandungan seratnya sangat banyak malah sama dengan buah pisang, dan mengandung dua kali jumlah Ribovlavin, mineral, Tiamin, termasuk Kalium, Kalsium dan Besi.
  3. Ampuh memperkuat janin. Di dalamnya mengandung folat yang baik dalam masa pertumbuhan janin, karena ibu hamil sering mengalami anemia megaloblastik kehamilan. Sehingga sangat baik jika ibu hamil mengkonsumsi daun gedi tersebut.
  4. Pencegahan keguguran yang ampuh. Ketika ibu hamil mengalami keguguran, maka dapat dicegah dengan daun gedi, sehingga janinnya akan menjadi kuat. Bahkan dapat menambah asupan gizi bagi ibu-ibu yang sedang hamil sehingga dapat mencegah kehilangan berat badan dan diare.
  5. Memperlancar persalinan. Sejak zaman dahulu, penduduka asli Mikronesia telah memanfaatkan daun gedi tersebut untuk penawar flu, disentri, diare, juga untuk memperlacar persalinan dengan cara dimakan (yang direbus terlebih dahulu).
  6. Mengkontrol kesuburan. Mengatasi masalah pada sistem reproduksi pada wanita, ternyata cukup dengan menggunakan daun gedi, karena kandungan zat pada daun tersebut bersifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual, sekaligus memperbaiki fungsi seksual pada wanita juga.
  7. Campuran wortel dan daun gedi untuk perawatan gigi ibu hamil. Biasanya pada ibu hamil sering mengalami keluhan seperti sakit gigi, maka dengan campuran tersebut diharapkan mampu mengurangi rasa sakit giginya dan sekaligus menyembuhkan gigi berlubang dan memperkuat gusi.
  8. Sebagai obat sembelit pada ibu hamil. Daun gedi dapat juga dijadikan juz untuk membersihkan saluran pencernaan serta menghapus timbunan limbah yang telah lama melekat pada usus.

Demikian 8 manfaat daun gedi bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini