Apa Itu Washi?

by
April 13th, 2015 at 11:55 am

CiriCara.com – Mendengar kata Washi, kamu pasti sudah membayangan benda atau hal-hal berbau Negeri Sakura. Yap, washi adalah sejenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat origami.

washi

Washi – Ist

Washi, disebut juga wagami, adalah kertas yang dibuat dengan metode tradisional di Jepang. Serat washi lebih panjang daripada kertas hasil produksi mesin, sehingga washi bisa dibuat lebih tipis, namun tahan lama dan tidak mudah lusuh atau sobek. Layaknya produk handmade, washi harganya mahal karena proses produksinya tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.

Di Jepang, washi digunakan dalam berbagai jenis benda seni dan kerajinan tangan. Mulai dari kerajinan origami (seni melipat kertas), shodo (seni letter Jepang) dan ukiyo-e. Washi juga digunakan sebagai hiasan dalam agama Shinto, bahan pembuatan patung Buddha, bahan mebel, alas makanan dalam kemasan, bahan perlengkapan tidur, bahan pakaian seperti kimono, serta bahan interior rumah, hingga pelapis pintu dorong. Uniknya, washi juga digunakan sebagai bahan uang kertas Yen sehingga kuat dan tidak mudah lusuh.

Ternyata, washi banyak jenisnya. Ada yang namanya mashi, yakni kertas yang dibuat dengan teknik paling kuno. Bahan baku mashi adalah serat pohon Cannabis sativadan Boehmeria nivea, serta jala usang yang tidak bisa lagi digunakan menangkap ikan, ditambah kain bekas dari serat rami. Kain bekas dari rami memiliki serat yang kuat, sehingga harus dipotong-potong kecil dulu sebelum direbus atau digiling dengan penggilingan batu. Namun, kertas jenis mashi sulit ditulisi sehingga bahan baku diganti dengan serat yang sama kuatnya tapi mudah ditulisi.

Selanjutnya terciptalah kertas kokushi yang berbahan bakuserat pohon murbei. Sebelum dapat diolah menjadi kertas, serat kulit dari dahan pohon murbei yang masih muda, harus direbus dulu. Permukaan kokushi halus agak sedikit kasar, tetapi serat kertas panjang-panjang sehingga tahan lama. Jenis kertas ini banyak digunakan dalam kantor pemerintah untuk dokumen resmi dan penyalinan dokumen. Kokushi dapat digunakan begitu saja sebagai bahan bangunan tanpa perlu diberi warna lebih dulu.

Selain mashi dan kokushi, ada lagi kertas hishi atau ganpishi. Ini adalah jenis kertas dengan bahan baku tanaman perduDiplomorpha sikokiana atau Edgeworthia chrysantha(mitsumata). Serat hishi pendek-pendek dan permukaannya halus bercahaya. Hishi dikenal pula dengan nama kertas torinoko. Apakah kamu pernah melihat kertas seperti ini di toko ATK?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini