Apa itu Wikipedia?

by
April 13th, 2015 at 2:44 pm

CiriCara.com – Kata Wikipedia terdiri dari Wiki yang berarti kumpulan sejumlah halaman-halaman web yang dengan mudahnya diubah oleh semua orang dan setiap saat. Dan konsep piranti lunak tersebut dibikin oleh Ward Cunningham. Setiap orang boleh mengubah semua halaman yang terdapat pada web tersebut (Wikipedia), bahkan halaman yang sedang dibacanya juga dapat diubah (caranya mengklik “sunting”, pada bagian atas halaman tersebut pada Wikipedia. Sedangkan Wikipedia berarti suatu ensiklopedia online yang secara bebas disunting oleh siapapun.

Logo Wikipedia

Ist

Adalah Jimmy Wales sebagai pendiri Wikipedia yang pernah membayangkan bahwa Wikipedia adalah sebuah usaha untuk menciptakan serta menyebarkan ke seluruh negera dimanapun berada dan bersifat bebas dalam berbagai bahasa serta berkualitas tinggi kepada setiap orang di planet ini” dan kehadiran Wikipedia membawa pengetahuan dan wawasan bagi orang yang memerlukannya.

Tujuan didirikannya Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedia secara bebas untuk semua penggunanya yang terbesar dan terlengkap, dan tujuan ini tidak mudah dicapai dan mungkin akan memakan waktu yang lama dan bertahun-tahun.

Adapun pemilik Wikipedia ini adalah sebuah organisasi nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia yang sekaligus menjalankan proyek-proyek yang lain seperti Wikitionary (kamus Wiki), Wikiquote, Wikibooks, Wikisource dan lain-lain. Yayasan Wikipedia adalah pemilik nama-nama domain tersebut. Pada awalnya bahwa situs Wikipedia secara layanan dilayani oleh server-server seperti Bomis Inc, sebuah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Jimmy Wales.

Dan seiring dengan berdirinya Yayasan Wikimedia sekitar tanggal 20 Juni 2003, kepemilikan nama domain Wikipedia dan semua proyek-proyeknya dimigrasikan ke Yayasan Wikimedia. Sehingga situs ini dioperasikan oleh tim komunitas Wikipedia dan aturan-aturannya serta prinsip-prinsipnya dimotori oleh Jimmy Wales termasuk kebijakan yang menyangkut sudat pandang netral serta kebijakan dalam pengambilan keputusan.

Untuk isi artikel-artikel yang terdapat pada situs Wikipedia ini dirilis oleh penulis-penulis di bawah lisensi GNU Free Documentation Licence (GFDL) atau Lisensi Dokumentasi Bebas GNU, sehingga tanggungjawab keseluruhan artikel yang semuanya konten bebas dapat diproduksi secara bebas pula dengan lisensi yang sama. Adapun yang bertanggungjawab atas isi Wikipedia adalah Wikiwan dan Wikiwati atau para penyunting Wikipedia dan ribuan orang yang telah memberikan sumbangsih terhadap kontribusi pada bagian-bagian dari proyek ini dalam ratusan bahasa.

Demikian sekilas tentang Wikipedia. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini